Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 13 Mei 2013 12:23 WIB

DESTINATIONS

5 Destinasi Ini Bikin Ortu Deg-degan

Mount Nyiragongo, Kongo (dok. Virungas National Park/ CNN Travel)
Kabul - Saat memberitahu tujuan liburan kepada orangtua, tak jarang mereka khawatir dibuatnya. Bisa saja destinasi yang Anda tuju berada di tempat terpencil, berbahaya, atau bahkan daerah konflik. 5 Destinasi ini misalnya.

Anda wajib hati-hati kalau mau mendatangi 5 destinasi ini. Orangtua pasti deg-degan dan khawatir kalau anaknya traveling ke tempat-tempat ini. Tapi kalau Anda benar-benar mau berkunjung, ada baiknya orangtua tetap diberitahu. Jangan lupa minta doa, karena 5 destinasi ini berbahaya!

Dari CNN Travel, Senin (5/3/2013), berikut 5 destinasi terpencil dan berbahaya di berbagai belahan dunia:

1. Band-e-Amir Lakes, Afghanistan

Apa yang lebih membuat orangtua Anda khawatir kalau bukan Afghanistan? Negara konflik ini tak pernah jauh dari kata perang. Masalah Taliban membuat perjalanan Anda semakin berisiko. Tapi siapa yang tak tahan melihat birunya danau Band-e-Amir yang berada di tengah-tengah gurun pasir?

Kumpulan danau ini berlokasi di Provinsi Bamiyan, Pegunungan Hindu Kush. Tepatnya 241 Km sebelah barat Kota Kabul. Pada 2009 tempat ini menjadi taman nasional pertama di Afghanistan. Air danau yang sangat jernih dan berwarna biru safir selalu berhasil menghipnosis wisatawan.

Butuh perjuangan yang tidak sedikit untuk mendatangi Band-e-Amir. Tapi setidaknya ada 1 alasan agar orangtua mengizinkan Anda berkunjung ke sini.

"Bamiyan adalah provinsi yang paling aman di Afghanistan. Hazara adalah suku paling ramah yang saya temukan di negara ini," tutur Onne Parl, turis asal Estonia yang mengunjungi Band-e-Amir bersama suaminya.

2. Ciudad Perdida, Kolombia

Amazon adalah salah satu bukti ganasnya Amerika Selatan. Banyak wisatawan yang penasaran dengan kontur alam, suku pedalaman dan hewan buasnya. Tapi di sisi lain Amerika Selatan, tepatnya di belantara hutan Kolombia, terdapat satu tempat yang sama misteriusnya. Namanya Ciudad Perdida alias "The Lost City".

Ciudad Perdida adalah reruntuhan bangunan berusia 1.300 tahun peninggalan Suku Tayrona, mirip seperti Macchu Picchu di Peru. Menuju ke sini, wisatawan harus melakukan perjalanan darat sepanjang 40 Km termasuk menyeberang sungai.

Ciudad Perdida terletak dekat dengan Santa Marta Mountains, yang dikenal sebagai kawasan penghasil kokain. Tindak kriminal dan kekerasan juga marak di sini. Pada 2003, 8 turis diculik oleh kelompok gerilyawan sayap kiri. Beruntung turis-turis itu dibebaskan 3 bulan kemudian.

"Sebelum ke sini bos saya mewanti-wanti, 'jangan sampai terbunuh'," kata turis asal New Jersey, Jason Bortz.

3. Mount Damavand, Iran

Mount Damavand adalah gunung berapi tertinggi di Asia, 5.671 mdpl. Berada di tengah-tengah Pegunungan Alborz, Mount Damavand sering dijadikan ikon Negara Iran. Gambar gunung ini bisa ditemukan dalam kemasan air mineral botolan sampai uang kertas di negara tersebut.

Mount Damavand juga menjadi salah satu lokasi trekking paling keren di dunia. Gunung ini bagai Kilimanjaro tanpa banyak pendaki dan wisatawan.

"Damavand adalah kombinasi yang sempurna dari tantangan dan penghargaan," kata Simon Bonner, pendaki yang telah menaklukkan 5 puncak tertinggi di 5 benua termasuk Mount Damavand.

4. Kashmir, India

Kashmir adalah dataran tinggi yang terletak di perbatasan India-Pakistan. Pasca perang tak berkesudahan antara kedua negara dalam memperebutkan wilayah Kashmir, rupanya panorama alam menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Buktinya, 20.000 wisatawan mancanegara dan 50.000 wisatawan asal India mengunjungi Kashmir tiap tahunnya. Salah satu destinasinya adalah resor ski Gulmarg yang berlokasi di perbatasan India-Pakistan. Mau tahu apa yang jadi incaran utama turis? Elevator ski tertinggi di dunia, membawa wisatawan ke ketinggian 4.000 mdpl menuju Mount Apharwat.

"Gulmarg adalah satu-satunya resor ski di Greater Himalayas. Keluar dari gondola, pemain ski dan snowboarder bisa meluncur sampai sejauh 2.300 meter," kata Nick Parks, seorang pemandu wisata yang telah mengantar wisatawan ke Gulmarg sejak tahun 2006.

5. Mount Nyiragongo, Kongo

Dari beberapa destinasi sebelumnya, Mount Nyiragongo mungkin adalah tempat paling bahaya untuk dikunjungi saat ini. Sejak November tahun lalu, kelompok pemberontak memasuki Kota Goma di Kongo. Sejak itu wilayah timur Kongo dipenuhi konflik dan kriminalitas. Virunga National Park pun ditutup bagi wisatawan.

Ya, Mount Nyiragongo berlokasi di Virunga National Park. Meski saat ini belum dibuka untuk wisatawan, Anda boleh bersiap dari sekarang kalau nanti sewaktu-waktu kembali dibuka. Banyak hal menarik seputar Mount Nyiragongo yang dijamin membuat Anda penasaran.

Virunga National Park adalah habitat gorila Kongo. Di puncak Mount Nyiragongo (3.470 mdpl) terdapat danau lahar terbesar di dunia dengan lebar 250 meter! Tapi hati-hati, berhubung gunung ini masih aktif, wisatawan perlu memantau aktivitas vulkanisnya. Gunung ini terakhir meletus tahun 2002, menelan 14.000 rumah di sekitarnya. Hati-hati ya!

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
e-LIfe
×
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya?
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya? Selengkapnya