Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Mei 2013 16:10 WIB

DESTINATIONS

Uji Nyali, Coba Kemping di 4 Pulau Kosong Ini

Afif Farhan
detikTravel
Ini dia Pulau Sempu yang jadi favorit untuk kemping di Malang (Shafa/detikTravel)
Jakarta - 4 Pulau kosong di Indonesia ini jadi tempat kemping favorit oleh beberapa traveler. Nyali mereka diuji saat malam tiba, ketika semuanya menjadi gelap dan tidak terlihat tanda-tanda kehidupan. Jika berani, buktikan sendiri!

Kemping di pulau-pulau tak berpenghuni akan memberikan pengalaman tersendiri. Nyali Anda benar-benar diuji. Anda harus mempersiapkan segala sesuatu dengan cermat dan tepat. Anda hanya sendirian di sana tanpa ada penduduk lokal. Di sekitar pulau Jawa, ada beberapa pulau kosong yang jadi fsvorit traveler untuk kemping.

Disusun detikTravel, Kamis (23/5/2013) berikut 4 pulau kosong yang dapat menjadi tempat berkemah Anda:

1. Pulau Semak Daun, Kepulauan Seribu

Beberapa pulau di Kepulauan Seribu menjadi tempat asyik untuk bermalam, salah satunya adalah Semak Daun. Di pulau kecil yang berjarak 2 jam dari Pelabuhan Muara Angke itu, ketenangan akan mudah Anda dapatkan.

"Di sana tidak ada lampu dan suasana sepinya terasa banget," kata Fatimah, traveler asal Depok yang kemping di Semak Daun pada pergantian tahun 2013 lalu.

Fatimah menambahkan, Pulau Semak Daun sangat kecil. Traveler hanya perlu waktu 15 menit untuk berkeliling pulaunya dengan berjalan kaki. Meski kecil, pemandangan indahnya tetap dapat dilihat di pulau ini.

"Bulan itu kelihatan jelas banget, saya dua hari satu malam di sana dan mendirikan tenda di pinggir pantai," ucap Fatimah.

Namun, ada satu hal yang membuat Fatimah merinding, yaitu kamar mandi yang ada di tengah-tengah pulau. Kamar mandi itu memang disiapkan pemerintah setempat untuk wisatawan. Tapi saat malam, kamar mandi tersebut tidak ada lampu dan terlihat menyeramkan.

"Ada dua kamar mandi dan ada di antara pepohonan gitu, seram sih," ungkap Fatimah.

2. Pulau Rambut, Kepulauan Seribu

Pulau Rambut juga merupakan pulau kosong di Kepulauan Seribu. Traveler juga bisa bermalam di sini dengan mendirikan tenda dan membakar api unggun. Suasana tenang pasti Anda dapatkan, tapi ada hal yang harus Anda perhatikan di sini.

"Pulau Rambut itu banyak biawak," kata Maria, traveler asal Jakarta yang beberapa waktu lalu berkunjung ke sana.

Maria menambahkan, ada banyak biawak yang akan dijumpai oleh traveler di Pulau Rambut. Mereka terlihat di dalam hutan atau di pinggir pantai. Meski tidak berbahaya, ada baiknya Anda tetap berhati-hati.

"Waktu itu ada teman yang sedang jalan ke sana, tiba-tiba ada suara jatuh 'gedubrak' kenceng banget di dekat dia. Awalnya dia kira batang pohon, tapi tak tahunya biawak yang badannya besar banget," ungkap Maria.

3. Pulau Kelor, Kepulauan Seribu

'Pulau Kelor itu seram banget!" kata Calishah, traveler asal Jakarta yang beberapa waktu lalu kemping di Pulau Kelor, Kepulauan Seribu.

Bukan tanpa alasan Calishah berbicara seperti itu. Sebabnya, nyali dia pernah diuji saat kemping di sana. Alasan Calishah mengenai Pulau Kelor seram, adalah letaknya agak di belakang dibandingkan Pulau Onrust di Kepulauan Seribu.

"Pulau Kelor itu kayak letaknya tersendiri. Lumayan jauh dari pulau-pulau lainnya dan pulaunya pun kecil," ujar Calishah.

Tak hanya itu, di Pulau Kelor juga ada Benteng Martello. Benteng yang diyakini peninggalan VOC itu terletak di tengah-tengah pulau. Saat malam, jantung bisa deg-degan saat memandangi benteng ini.

"Seramnya itu tersendiri dan mencekam juga," kata Calishah.

Di balik itu, Pulau Kelor juga punya pemandangan tak kalah indah. Lihatlah pasir pantainya yang putih. Bersantailah dan habiskan waktu di sana. Suasananya, seolah membuat Pulau Kelor ini adalah pulau pribadi Anda.

"Suasananya sangat tenang," kata Calishah.

4. Pulau Sempu, Malang

Siapa yang tak kenal Pulau Sempu? Pulau ini berada di selatan Pulau jawa, tepatnya di Malang. Pulau ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan punya Danau Segara Anakan yang cantik di tengah-tengah pulaunya.

Untuk kemping di Pulau Sempu, Anda harus mengurus administrasi dan perizinan dari Dinas Kehutanan setempat karena Sempu adalah cagar alam yang harus dijaga kelestariannya. Setelah itu, Anda bisa trekking masuk ke dalam hutan selama satu jam untuk tiba di Danau Segara Anakan dan mendirikan tenda.

"Pulau Sempu itu bagus banget, Danau Sagara Anakan juga bagus, langitnya bersih dan saat malam banyak terlihat bintang jatuh," kata Nadya yang berkunjung ke Pulau Sempu beberapa waktu lalu.

Nadya menambahkan, bebatuan karang yang ada di pinggiran pulaunya juga terlihat eksotis. Saat sunrise, di sanalah tempat terbaik untuk melihatnya.

"Kita naik ke puncak bukit karang dan lihat matahari terbit dari Samudera Hindia," kata Nadya.

Meski begitu, Anda juga harus berhati-hati saat melancong ke Pulau Sempu. Saat hujan, jalanan akan menjadi sangat basah dan licin. Hati-hatilah saat melangkah.

"Pulau Sempu kan juga masuk kawasan konservasi, jadi ya jangan kaget melihat banyak binatang," ujar Nadya.

Itulah 4 pulau kosong yang bisa Anda kunjungi untuk kemping. Siapkan perbekalan cukup dan nyali yang kuat, agar bisa menghabiskan malam yang panjang di sana.
(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA