Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Mei 2013 17:44 WIB

DESTINATIONS

Stasiun Kereta Seperti Istana Ada di India

Begini megahnya Stasiun Chhatrapati Shivaji Terminus di India (whc.unesco.org)
Mumbai - Siapa sangka stasiun kereta megah ala istana Eropa ada di Mumbai, India? Inilah Stasiun Chhatrapati Shivaji yang sudah berumur lebih dari satu abad. Datang ke sana, Anda akan dibuat kagum dengan kemegahan arsitekturnya.

Awalnya, stasiun ini memiliki nama Victoria Terminus. Namun, pada bulan Maret tahun 1996, stasiun berganti nama menjadi Chhatrapati Shivaji Terminus (CST). Bukan tanpa alasan, pergantian nama ini dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan nasional India Chhatrapati Shivaji.

Stasiun Chhatrapati Shivaji berada di Dr Dadabhai Naoroji Road, Mumbai. Untuk mencapainya turis bisa menggunakan taksi lokal atau bus MTDC.

Dilongok dari situs resmi Mumbai, Kamis (30/5/2013) Stasiun Chhatrapati Shiva Terminus sudah ada sejak tahun 1888. Karena merupakan bangunan bersejarah, saat ini CST menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Pernyataan tersebut resmi diumumkan pada 2 Juli 2004.

Chhatrapati Shivaji Terminus merupakan contoh luar biasa dari arsitektur kereta api abad ke-19 di zaman persemakmuran inggris.
Stasiun ini memiliki 18 peron. 6 Peron adalah jalur untuk tujuan lokal, sedangkan 12 jalur untuk kereta jarak jauh.

Yang membuat stasiun ini menarik dan berbeda dibanding yang lain adalah bangunannya. CST memiliki bangunan yang begitu megah seperti kastil di Eropa.

Ternyata, hal ini dikarenakan CST mengambil konsep bangunan Victoria Gothik. Berkat kemegahan dan kecantikan arsitektur yang dimiliki, stasiun ini pun menjadi salah satu bangunan gothik yang terkenal di dunia.

Tak sembarangan, ternyata stasiun ini dibangun oleh arsitektur asal Inggris bernama Frederick William Stevens. Dia lah yang menambahkan ornamen ala Victoria.

Datang langsung ke sana, traveler pasti akan dibuat terkagum-kagum. Bangunan bergaya Victoria ini terlihat sangat anggun dari luar, terlebih kubah bangunan yang menambah kesan megah.

Begitu tiba di pintu masuk, wisatawan bisa melihat gerbang yang diapit oleh patung singa dan harimau. Patung ini mewakili Inggris dan India.

Struktur utama bangunan terbuat dari batu pasir dan batu kapur. Sedangkan interior stasiun dilapisi dengan marmer Italia berkualitas tinggi.

Masuk ke dalam stasiun, traveler akan dibuat melongok lewat bentuknya yang seperti katedral. Menengok ke kaca, Anda bisa melihat gambar lokomotif.

Belum selesai, wisatawan yang datang akan dibuat terpesona lewat interiornya yang indah dan juga ukiran kayu yang membalut besi pegangan tangga. Karena kemegahannya, saat ini Stasiun Chhatrapati Shivaji Terminus jadi simbol Kota Mumbai.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA