Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 10 Jun 2013 12:42 WIB

DESTINATIONS

Menjadi Astronot Sungguhan di Star City

Jadi astronot di Star City (framework.latimes.com)
Moskow - Apa rasanya menjadi astronot dengan pakaian lengkap dan melayang-layang di luar angkasa? Datang dulu ke Star City di Moskow, Rusia. Anda akan diajak merasakan pelatihan astronot hingga deg-degan naik pesawat ulang alik!

Star City bukan tempat sembarangan. Awalnya, ini adalah basis para astronot Rusia, yang terletak sekitar 30 km dari Kota Moskow. Kini, traveler bisa datang ke sana dan ikut tur menjadi astronot bersama beberapa agen perjalanan, seperti Star City Tour.

Dilansir dari situs resmi Star City, Senin (10/6/2013) tempat ini menawarkan pengalaman menjadi astronot. Berbagai peralatan astronot dari satelit hingga bagian dalam pesawat ulang alik di Star City pun sangat lengkap dan canggih. Pemandunya pun adalah para astronot sungguhan.

Ada banyak pilihan yang traveler bisa lakukan di Star City. Ada pusat pelatihan astronot, terbang dengan pesawat jet, hingga pelatihan membenarkan satelit.

Di pusat pelatihan astronot, Anda bisa mencoba Zero Gravity Flight di pesawat IL-76 MDK. Sesuai namanya, di sini Anda bakal diajak melayang dengan gravitasi 0. Dengan peralatan lengkap, Anda akan dipandu dan diajarkan cara melayang. Kegiatan selama 1 menit ini mengajarkan Anda cara astronot bekerja di dalam pesawat ulang alik dengan gravitasi 0. Keren!

Puas melayang, saatnya memasuki bagian Centrifuge. Ini adalah tempat untuk melatih astronot untuk merasakan tekanan dan suasana di luar angkasa. Bentuknya adalah sebuah kapsul yang diisi oleh satu orang.

Begitu masuk ke dalamnya, Anda akan merasakan udara yang tipis. Setelah itu, ada tekanan pada dada, tangan, dan kaki. Suasana yang lembab pun dapat Anda rasakan. Situasi di dalamnya dibuat sedemikian rupa seperti situasi di luar angkasa. Berani?

Jangan lewatkan pengalaman untuk naik pesawat jet supersonic MiG-29. Bersama pilot, Anda akan ditempatkan di bangku belakang dan ikut terbang ke angkasa selama 45 menit. Lalu, sang pilot akan berakrobatik di udara dan bermanuver cepat. Siap-siap teriak dan jangan lepaskan masker oksigen Anda. Sebab, udara yang terasa akan tipis sekali. Ternyata, ini juga merupakan pelatihan bagi astronot lho!

Tak hanya soal melayang dan terbang, Star City punya paket untuk Spacecraft Landing Tour. Inilah saatnya Anda merasakan para astronot mendarat kembali di bumi. Dengan kapsul khusus dan pakaian astronot lengkap, Anda bisa merasakan tekanan yang kuat saat mendarat. Setelah itu, para kru akan mengevakuasi Anda dengan cepat.

Puas merasakan pengalaman jadi astronot, kini saatnya mengetahui pekerjaan mereka di Gagarin Cosmonaut Training Centre. Di sini Anda bisa mengikuti kegiatan memperbaiki satelit. Wow!

Anda akan dimasukan ke dalam kolam raksasa, lalu ada satelit yang harus dibenarkan. Bersama pemandu, Anda bisa tahu tentang kegunaan satelit dan apa saja bagian-bagiannya.

Kegiatan ini berlangsung di kedalaman 12 meter di kolam air raksasa. Kenapa di kolam? Karena kepadatan air di sana disesuaikan dengan tekanan di luar angkasa. Anda pun harus memakai perlengkapan astronot yang lengkap, dengan helm khusus yang biasa Anda lihat di film.

Tak hanya itu, Gagarin Cosmonaut Training Centre juga mempunyai replika International Space Station (ISS), laboratorium, serta pelatihan keselamatan astronot saat di luar angkasa. Para astronot dari AS, Italia, dan Rusia di sana siap untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai astronot.

Biaya untuk ikut tur di Star City cukup merogoh kocek dalam-dalam. Tiap paketnya punya harga yang berbeda, begitu pula lama waktunya. Kalau mau merasakan gravitasi 0, Anda harus menyiapkan 90.000 Rubles (Rp 27 juta). Yang lebih murah, Anda bisa ikut tur berkeliling Star City dengan biaya 18.000 Rubles (Rp 5.500.000) untuk minimal 40 peserta tur.

Tertarik ingin jalan-jalan keluar angkasa gratis dan menjadi orang Indonesia pertama yang terbang keluar angkasa? Tunggu tanggal 18 Juni di detikSport!

(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA