Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jun 2013 16:12 WIB

DESTINATIONS

Ada Dinosaurus Ciuman di China

Afif Farhan
detikTravel
Ini dia patung dinosaurus brontosaurus yang berciuman di Dinosaur City Erenhot (amusingplanet.com)
Ini dia patung dinosaurus brontosaurus yang berciuman di Dinosaur City Erenhot (amusingplanet.com)
Erenhot - Dinosaur City adalah kawasan penemuan fosil dinosaurus berumur puluhan juta tahun di Erenhot, perbatasan China-Mongolia. Uniknya, di sana ada patung dinosaurus raksasa sedang berciuman setinggi 34 meter.

Beberapa destinasi di dunia menawarkan wisata ke kawasan penemuan fosil, seperti di Erenhot yang berada di kawasan Gurun Gobi. Tepatnya berada di Xilin Gol, Daerah Otonomi Mongolia dan menjadi wilayah perbatasan China-Mongolia. Inilah tempat penemuan fosil dinosaurus yang diyakini paling banyak di daratan China.

Wisatawan yang datang ke sana akan disuguhi dengan pemandangan gurun yang luas dan pengetahuan tentang dinosaurus. Yang unik, ada dua patung dinosaurus yang sedang berciuman.

Dikutip dari situs china.org.cn, Senin (10/6/2013), patung dinosaurus tersebut menggambarkan jenis brontosaurus. Lehernya panjang dan badannya sangat besar. Kedua patung tersebut diyakini sebagai patung dinosaurus yang terbesar di dunia. Beratnya mencapai 60 ton dan terbuat dari bahan baja.

Kedua patung dinosaurus itu berada di pintu masuk jalan menuju Erenhot. Tingginya mencapai 34 meter dengan lebar 19 meter dan dibangun pada tahun 2007 silam. Kepalanya saling berdekatan, seperti berciuman. Wisatawan mengenalnya dengan sebutan The Kissing Dinosaurs.

Wisatawan yang melintas, pasti memotret patung dinosaurus tersebut. Pemandangan terbaik untuk memotretnya adalah saat matahari tenggelam. Cahaya matahari yang terlihat bulat menjadi latar patung dinosaurus yang berciuman. So Sweet!

Selain itu, wisatawan dapat menjelajahi Erenhot untuk melihat bekas tempat penemuan fosil dinosaurus. Ada 20 jenis dinosaurus yang ditemukan fosilnya di sana dan rata-rata umurnya sekitar 70 juta tahun. Penemuan fosil yang paling terkenal di sana adalah fosil Gigantoraptor. Ini adalah dinosaurus seperti burung dengan panjang 8 meter.

Wisatawan bisa mengunjungi museum untuk lebih mengenal kehidupan dinosaurus dari dekat. Di sana juga terdapat Dinosaur Fairyland, yaitu suatu lapangan luas dengan banyak replika fosil dinosaurus yang dipajang dan ukuran yang mirip aslinya.

Wisatawan seolah diajak ke zaman purba saat melancong ke Erenhot. Replika fosil dan informasi di dalam museum di sana akan menambah wawasan Anda tentang hewan purba ini. Patung dinosaurus yang berciuman, jadi pemandangan unik yang mungkin hanya ada satu di dunia.



(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA