Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Jul 2013 13:22 WIB

DESTINATIONS

Patung Dewa Rakasa & 272 Anak Tangga di Batu Cave, Malaysia

Faela Shafa
detikTravel
Anak tangga di Batu Cave (Shafa/detikTravel)
Anak tangga di Batu Cave (Shafa/detikTravel)
Gombak - Malaysia memiliki 3 bangsa mayoritas yaitu Melayu, China dan India. Di Batu Cave, Selangor jadi pusat peribadatan Hindu India. Ada kuil di dalam gua batu yang cantik. Untuk mencapainya, harus melewati 272 anak tangga.

detikTravel datang ke Batu Cave minggu lalu. Begitu sampai di lokasi, patung Dewa Murugan tampak tinggi menjulang 42,7 meter menyambut wisatawan. Dewa perang ini adalah dewa utama yang disembah di Batu Cave.

Bukan main lelahnya naik ke atas gua apalagi harus menapaki 272 anak tangga. Tapi tidak ada wajah lelah sedikitpun dari umat Hindu yang sedang melangkahkan kaki satu per satu di sana. Mereka tenang dan berwajah teduh. Inilah bentuk ibadah mereka, mendaki gua batu kapur untuk beribadah.

Menjulang hingga mencapai 100 meter, tangga ini kerap membuat ciut banyak wisatawan yang melancong ke sana. Banyak yang merasa malas, atau sudah menyerah sebelum mencoba. Tapi daripada menyesal nantinya, coba saja naik semampunya. Jika mulai lelah, lihatlah sekeliling.

Bukan hanya lelah yang bisa didapat saat mendaki anak tangga. Tapi juga udara sejuk karena Batu Cave berada di dataran tinggi. Selain itu, semakin tinggi menaiki tangga, semakin cantik pemandangan yang tersaji.

Bagi traveler yang takut dengan monyet, harap berhati-hati saat ke sini. Karena banyak sekali monyet yang berkeliaran di sepanjang tangga. Mereka tidak agresif namun ada baiknya tetap berhati-hati. Kebanyakan umat yang beribadah atau turis dengan senang hati memberi makan monyet-monyet tersebut.

Di ujung perjalanan, ada 3 kuil yang bisa didatangi namun yang terbesar ada di gua yang paling dalam. Menurut Kartik, salah satu orang India Hindu yang tinggal tidak jauh dari Batu Cave, para umat Hindu beribadah ke atas sana setiap dua kali sehari. Tepatnya pada pagi dan sore hari.

Jika melihat umat Hindu yang beribadah belum cukup memuaskan rasa penasaran, datanglah pada bulan Januari. Di bulan tersebut, ada festival besar yang digelar umat Hindu yaitu Thaipusam.

"Orang Hindu akan mendaki dari bawah ke atas, membawa arak-arakan dan menusuk tubuh mereka dengan besi-besi tajam sebagai bentuk ibadah," ujar Kartik kepada detikTravel.



(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA