Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Jul 2013 16:07 WIB

DESTINATIONS

Begini Tampang Pohon Berusia 5.000 Tahun di AS

detikTravel
Pucuk-pucuk daun dapat bertahan hingga 40 tahun (Amusing Planet)
Nevada - Wisatawan bisa melihat pohon tertua di dunia di AS. Umurnya diperkirakan mencapai 5.000 tahun. Batang kayunya sampai melintir berulir.

Ditengok dari website National Park Service, Rabu (3/7/2013), pohon ini bernama Great Basin Bristlecone Pines, atau bisa disebut Pinus Longaeva.

Pohon pinus ini adalah jenis adalah pohon yang bisa bertahan hidup sangat lama. Traveler bisa menemukan Pinus Longaeva ini tumbuh terisolasi di daerah pegunungan kering di 6 negara bagian barat Amerika.

Tetapi pohon tertua bisa Anda ditemukan di Ancient Bristlecone Pine Forest di White Mountains of California, AS. Pohon-pohon ini memiliki kemampuan luar biasa untuk bertahan hidup di lingkungan yang sangat gersang dan cuaca ekstrem. Bahkan, diyakini ada beberapa pohon pinus ini yang hidup lebih dari 5.000 tahun.

Pinus Bristlecone pinus tumbuh tepat di bawah batas vegetasi di ketinggian antara 1.524-3.048 mdpl. Di ketinggian ini, angin bertiup kencang dan suhu dapat mencapai di bawah nol derajat Kondisi tanah juga kering. Akibat kondisi cuaca yang ekstrim, pohon-pohon Pinus Bristlecone tumbuh sangat lambat.

Yang menarik, daun pada ujung ranting bisa tetap hijau selama 40 tahun. Kayu Pinus Bristlecone juga memiliki struktur yang kuat. Sehingga pohon ini dengan demikian tahan serangan serangga, jamur, dan hama lainnya. Ketahanan ekstrem kayu inilah yang memainkan peran besar dalam usia panjang pohon.

Hebatnya, ketika spesies pohon lain yang tumbuh di sekitar Pinus ini mati dan membusuk, Pinus Bristlecone dapat bertahan dan berdiri di akar mereka, selama berabad-abad. Bukannya membusuk, pohon ini berubah menjadi bentuk-bentuk yang tidak biasa. Batang Pinus Bristlecone akan melengkung memutar.

Bentuk unik inilah yang menarik sejumlah besar fotografer, pelukis dan seniman lainnya. Saat ini, traveler bisa melihat Pinus Bristlecone yang telah dilindungi di sejumlah lahan milik pemerintah federal Amerika Serikat. Anda bisa berkunjung ke Ancient Bristlecone Pine Forest di White Mountains of California dan di Great Basin National Park di Nevada, AS.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya