Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Jul 2013 17:42 WIB

DESTINATIONS

Kelok 9 di Sumbar, Mungkin Namanya Nanti Jadi Kelok 4

detikTravel
Kelok 9, jalan yang terkenal di Sumbar karena tikungannya (Chaidir/detikTravel)
Payakumbuh - Traveler yang melintas dari Pekanbaru menuju Bukittinggi atau sebaliknya, akan bertemu dengan daerah Kelok 9. Inilah jalan dengan 9 kelokan yang terkenal. Tapi dengan jembatan baru, julukannya mungkin menjadi Kelok 4 saja.

Kelok 9 adalah jalan sejak zaman Belanda, berupa 9 tikungan tajam dengan jurang yang terjal pada kontur alam yang menurun di Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat. detikTravel akhir pekan lalu melintasi Kelok 9 dalam perjalanan dari Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Dari awal tikungan hingga ke bawah, ada jurang terjal diperkirakan tingginya 100 meter. Di sinilah kendaraan harus berhati-hati. Jika sang sopir lengah, maka nyawa taruhannya.

Di kelok 9 ini semacam ada aturan tidak tertulis sesama pengguna kendaraan. Mereka yang turun dari atas harus mengalah agar yang menanjak diberikan kesempatan untuk melintas terlebih dahulu jika bertemu di tikungan. Jika Anda tidak mengikuti aturan itu, siap-siaplah Anda kena marah oleh sopir di jalanan tersebut.

Kelok 9 ini, merupakan salah satu objek wisata alam. Masyarakat yang melintas kadang berhenti sejenak untuk memandang panorama di sekitar itu. Ada warung-warung kecil di tepi badan jalan dan di bawah jurang yang terjal. Anda bisa menyeruput kopi panas atau memesan makanan ringan.

Kini di kelok 9 ini, tengah dibangun sebuah jalan yang akan memangkas jumlah kelokan tersebut. Tiang-tiang raksasa mencakar langit bakal menjadi alternatif jalan baru yang lebih mudah bagi kendaraan yang melintas. Rencananya jalan baru ini diresmikan September 2013.

Jalan baru ini seperti dua kali huruf S di atas jalan lama. Nantinya, jika pembangunan jalan baru ini rampung, maka di kawasan lembah ini akan tersedia dua jalan untuk jalur masuk dan keluar dari Sumbar menuju Riau dan sebaliknya.

Diperkirakan, untuk jalur menurun akan tetap melintasi kelok 9 dan untuk jalur menanjak menggunakan jalan baru. Mungkin perlu nama baru juga buat jalan ini karena keloknya hanya 2 kali huruf S, bagaimana kalau namanya Kelok 4?

(cha/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA