Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jul 2013 13:35 WIB

DESTINATIONS

Aneh, Anggur Brazil Ini Berbuah di Batang Pohon

detikTravel
Buah jabuticaba tumbuh bergerumul pada batang besar pohon (kuriositas.com)
Sao Paulo - Traveler biasanya melihat pohon anggur tumbuh merambat dengan buah yang banyak bergantungan. Namun di Brazil, turis akan melihat pohon anggur yang tumbuh langsung pada batangnya.

Ditengok dari Kuriositas, Kamis (4/7/2013), pohon ini bernama Jabuticaba. Ini adalah jenis pohon anggur Brazil dan bisa Anda temukan ditemukan di negara bagian Minas Gerias dan Sao Paulo, di selatan Brazil.

Buah jabuticaba tumbuh langsung menempel pada batang pohon. Inilah yang membuat penampilan pohon ini sangat tidak biasa. Buahnya berbentuk bulat dan berukuran kecil, sekitar seruas ibu jari. Sama seperti anggur, jabuticaba berkulit ungu, dengan daging buah seperti agar-agar merah muda dan berisi 1-4 biji.

Beda jabuticaba dengan buah anggur adalah anggur tumbuh menjalar pada ranting-ranting pohon. Sedangkan jabuticaba tumbuh bergerumul pada batang-batang besar pohon. Pohon ini mungkin berbunga dan berbuah hanya sekali atau dua kali setahun.

Namun jika selalu diairi, buah segar dapat tersedia sepanjang tahun di daerah tropis. Sebagian besar buah jabuticaba dimakan langsung segera setelah dipanen. Berliburlah ke Minas Gerias dan Sao Paulo untuk mencicipi buah anggurnya Brazil ini.

Hanya di sini traveler dapat mencicipi buah jabuticaba karena buah ini cepat membusuk dalam 3 sampai 4 hari. Sehingga warga setempat sering menggunakannya untuk membuat selai, kue tart, juga memfermentasikannya menjadi wine yang kuat.

Karena buah jabuticaba cepat membusuk, wisatawan akan sangat sulit menemukannya di pasar-pasar di luar daerah budidaya jabuticaba. Buah jabuticaba juga memiliki banyak kegunaan untuk pengobatan.

Secara tradisional, rebusan kulit buah yang telah dijemur ini bermanfaat untuk pengobatan asma, diare. Anda juga dapat berkumur dengan air rebusan ini untuk penyembuhan peradangan amandel. Buah ini memiliki antioksidan kuat dan senyawa anti kanker.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA