Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Jul 2013 16:27 WIB

DESTINATIONS

Inikah Masjid Terbesar di Eropa?

Ini dia masjid yang disebut terbesar di Eropa (culture.ru)
Ini dia masjid yang disebut terbesar di Eropa (culture.ru)
Grozny - Ramadan juga menjadi bulan istimewa bagi bangsa Chechnya di Rusia. Tahukah Anda, mereka punya masjid besar nan megah. Lampunya bertahtakan kristal, lantainya beralaskan marmer mewah.

Masjid Akhmad Kadyrov, inilah nama masjid megah yang disebut-sebut sebagai salah satu masjid terbesar di Eropa. Berada di Grozny, Chechnya, masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di kawasan Rusia.

Masjid Akhmad Kadyrov biasa dikenal sebagai "The Heart of Chechnya". Dilongok dari situs resmi kebudayaan Rusia, Kamis (18/7/2013), penamaan masjid ini diambil dari nama presiden pertama Chechnya, Akhmad-Hadji Abdulhamidovich Kadyrov.

Usut boleh usut, ternyata pembuatan masjid ini sudah sejak lama, yakni sejak akhir tahun 1990-an. Namun karena perang, pembuatan masjid ini terpaksa tertunda dan baru kembali dibangun pada tahun 2006. Kemudian, pada 16 Oktober 2008, masjid ini resmi dibuka.

Meski terhitung cukup lama pada proses pembuatannya, hasil yang ditunjukkan sangat memuaskan. Masjid ini hadir sebagai salah satu masjid terbesar dan megah di Rusia.

Berdiri di atas tanah seluas 14 hektar, Masjid Akhmad Kadyrov menara setinggi 62 meter yang terinspirasi dari Blue Mosque di Turki. Saking besarnya, masjid ini bisa menampung sekitar 10.000 jamaah yang ingin salat setiap waktu.

Masuk ke dalam, umat Muslim yang ingin beribadah akan dibuat tercengang dengan keindahan interior dalam. Ada banyak lukisan dan kaligrafi buatan seniman Turki menghiasi dindingnya.

Menengok ke bagian atas, ada banyak lampu kristal menambah kesan mewah di dalam masjid. Jangan langsung tercengang sampai Anda lihat ke lekukan kubah masjid.

Di lekukan itu ada kaligrafi cantik bertuliskan huruf Arab dari Surat Al Ikhlas. Dengan demikian, Chechnya punya alasan untuk mengundang para traveler muslim untuk datang mengagumi masjid ini.



(ptr/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA