Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Jul 2013 19:08 WIB

DESTINATIONS

Awas! Kumbang Raksasa Ada di Amerika Selatan

Kumbang Titan setelapak tangan manusia (Daily Mail)
Sao Paolo - Traveler pecinta alam, pasti senang masuk ke dalam hutan gelap dan berjalan di antara pohon rindang. Tapi berhati-hatilah jika masuk ke hutan di Amerika Selatan, karena Anda bisa saja melihat kumbang raksasa.

Serangga raksasa itu adalah kumbang titan (Titanus giganteus). Dilongok dari Daily Mail, Rabu (24/7/2013) inilah kumbang terbesar di dunia.

Terang saja, pada fase dewasa, kumbang ini bisa memiliki panjang hingga 16,7 cm. Spesies terpanjang itu ditemukan di daerah French Guyana, wilayah Prancis di pesisir timur wilayah Amerika Selatan.

Tak hanya berukuran besar, kumbang titan juga memiliki capit yang sangat kuat. Saking kuatnya, ia bahkan bisa mematahkan pensil kayu menjadi dua bagian.

Menurut para ilmuwan, ia bisa saja hidup di dalam hutan tropis yang panas di Amerika Selatan. Beberapa negara yang bisa turis kunjungi untuk melihatnya antara lain Kolombia, Ekuador, Bolivia dan Brasil.

Tapi jangan kecewa jika Anda akan kesulitan menemukan sang serangga. Ini karena selama hidupnya, kumbang titan akan bersembunyi dan hanya keluar ketika mencari pasangan.

Selain itu, sampai saat ini larvanya pun masih sangat sulit ditemukan. Namun, beberapa ilmuwan mengatakan ia bisa saja ada di dalam pohon mati, habitat alami mereka.

Karena menarik, saat ini sebuah tur ekowisata dibuat untuk bertemu kumbang titan. Para wisatawan yang tertarik akan diajak datang langsung ke habitat asli kumbang. Jika beruntung, para pelancong ini bisa menemukan kumbang dewasa.

Tertarik ikut? Sebaiknya Anda harus siap merogoh kocek agak dalam. Tur wisata ini memakan biaya US$ 500 (Rp 5 juta)/orang.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA