Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Jan 2016 07:16 WIB

DESTINATIONS

Miaaaw! Ada Masjid Kucing di Turki

Afif Farhan
detikTravel
Kucing di dalam Masjid Aziz Mahmut Hudayi (Mohammed Matter/Facebook)
Istanbul - Masjid Aziz Mahmut Hudayi di Istanbul, Turki baru-baru ini jadi perhatian turis. Ada banyak kucing-kucing liar masuk dan hidup di dalam masjidnya.

Masjid Aziz Mahmut Hudayi sejatinya merupakan salah satu masjid bersejarah di Turki. Lokasinya ada di kawasan Uskudar, distrik terbesar dan terpadat di Istanbul. Masjid ini sudah berdiri dari tahun 1594 oleh Ayse Hanim Sultan, keturunan dari Mihrimah Sultan dan Rustem Pasha yang merupakan salah satu pemimimpin dari Kesultanan Utsmaniyah di Turki pada tahun 1500-an.

Bangunan Masjid Aziz Mahmut Hudayi pun masih sama seperti aslinya. Menariknya, menara masjid seperti menara pada kastil-kastil di Eropa. Selain karena sebagai destinasi sejarah, Masjid Aziz Mahmut Hudayi baru-baru ini membuat heboh dunia maya. Bukan tanpa sebab, jamaah masjidnya tidak lagi hanya manusia melainkan kucing-kucing!

Dari berbagai informasi yang dirangkum detikTravel, Senin (18/1/2016) kehadiran kucing-kucing di Masjid Aziz Mahmut Hudayi adalah karena sang imam masjidnya, Mustafa Efe. Kabarnya, dia tidak tega melihat kucing-kucing liar di jalanan. Apalagi saat musim dingin tiba.

Mustafa Efe, sang imam yang membawa kucing-kucing ke Masjid Aziz Mahmut Hudayi (Mustafa Efe/Facebook)


Maka, dibukalah pintu masjid selebar-lebarnya. Sang imam membawa kucing-kucing liar untuk masuk ke dalam masjidnya. Bahkan, dia juga mengurus kucing-kucing demi menjaga kebersihan masjid, walau jumlahnya tidak sedikit.

Para jamaah pun awalnya dibuat kaget dengan banyaknya kucing yang berkeliaran di dalam masjid. Tapi setelah mengetahui penjelasan dari Mustafa Efe, jamaah masjid malah kegirangan. Mereka bisa bertemu dan bermain dengan kucing-kucing yang lucu, sembari menunggu waktu salat tiba.

Jamaah yang bermain dengan kucing (@serdarcel/Twitter)


Mustafa Efe sendiri, dikenal sebagai imam yang rajin beribadah dan penuh humor. Dia pun kerap kali memposting foto-foto dirinya sambil bermain dengan kucing di akun Facebook atau media sosial lainnya.

Pujian untuk Mustafa Efe kemudian mengalir dari para jamaah. Mereka menganggap tindakan sang imam sangat tepat, dengan tidak membiarkan kucing-kucing terlantar di jalanan. Toh dalam agama dijelaskan, untuk berbuat kebaikan ke setiap mahluk hidup bukan?

Kucing-kucing yang menggemaskan (Mohammed Matter/Facebook)


Keberadaan kucing ini juga menjadi cara Mustafa untuk berdakwah. Dia mengajak orang-orang untuk datang ke masjid dan bermain bersama kucing, kemudian diajak salat ketika adzan tiba.

"Datanglah ke masjid lebih awal, untuk bertemu teman kita yang lucu," begitu tulisan di salah satu caption foto yang dipostingnya.

Julukan Masjid Kucing lantas disematkan kepada Masjid Aziz Mahmut Hudayi. Turis yang sedang liburan ke Istanbul, silakan mampir ke Masjid Aziz Mahmut Hudayi untuk bertemu dengan banyak kucing yang menggemaskan. Anak-anak kucingnya ada banyak lho!

Kucing yang baru melahirkan di Masjid Aziz Mahmut Hudayi (Mustafa Efe/Facebook)



(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA