Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Nov 2016 09:50 WIB

DESTINATIONS

Akhir Pekan di Lombok Utara, Serasa Punya Pantai Pribadi

Foto: (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Mataram - Deretan pantai cantik bisa dilihat di Lombok. Kalau mau liburan di pantai memesona tapi masih sepi, coba saja datang ke Lombok Utara.

Pulau Lombok merupakan salah satu surga pantai di Indonesia yang masih belum ramai dikunjungi. Bila anda berkunjung ke pulau ini sempatkan sejenak menikmati pesisir pantai utaranya.

Pertama adalah Pantai Ketapang. Namanya pasti mengingatkan pada pelabuhan penyeberangan di Jawa Timur. Namun ini terletak di Lombok.

Pantai ini terletak di Desa Selengen, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Pantai berpasir hitam ini memiliki bibir pantai yang panjang dan air yang jernih.

(Masaul/detikTravel)(Masaul/detikTravel)


Pohon kelapa di ujung-ujung pandangan akan menghiasi pantai ini. Air yang bersih pun siap dijadikan tempat berenang dengan ombak yang tidak terlalu tinggi.

"Awal mulanya disebut Pantai Ketapang karena dulunya di sini banyak sekali Pohon Ketapang (di beberapa kabupaten Jawa Tengah disebut dengan Pohon Perdamaian-red)," ucap penduduk sekitar bernama Wiyoto saat berbincang dengan detikTravel, Rabu (9/11/2016) kemarin.

Menurut Wiyoto, para pengunjung akan memenuhi pantai hanya pada saat hari besar saja. Daya tarik lainnya dari pantai ini adalah adanya para penjual ikan segar yang sudah dibakar di jalan sekitar lokasi.

Tempat kedua yang tak kalah menariknya adalah Pantai Tebing. Penarik wisatawan dari pantai ini tentu berasal dari namanya yaitu pantai yang mempunyai tebing.

Namun jangan salah, ketika wisatawan masuk ke kawasan pantai ini akan disuguhi pemandangan dari bawah. Tidak seperti di Pantai Uluwatu yang pemandangannya dari atas tebing.

Pantai Tebing ini terletak di Dusun Montong, Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Jaraknya dengan Pantai Ketapang hanya sekitar 15 menit.

Namun, ada baiknya untuk berhati-hati jika mengunjungi lokasi pantai tersebut. Hal itu disebabkan Pantai Tebing yang mempunyai struktur pasir pada tebingnya. Jadi kemungkinan longsor masih sangat besar.

Sepanjang perjalanan di daerah Lombok Utara, traveler akan melihat pemandangan jalanan khas pulau-pulau Timur Indonesia. Kekhasan tersebut terlihat dari lahan-lahan kering yang dipagari dengan pagar dari jejeran tanaman hidup.

(Masaul/detikTravel)Foto: undefined
(Masaul/detikTravel)
(krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA