Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Jun 2017 15:51 WIB

DESTINATIONS

Mengenal Ayung, Si Cantik yang Dijajal Obama

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Rafting di Sungai Ayung (@BaliSobek/Facebook)
Ubud - Barack Obama dan keluarga baru saja menjajal Sungai Ayung. Inilah sungai terpanjang di Bali, sekaligus tempat wisata rafting paling yang paling terkenal.

Obama mengawali agenda liburan di hari keempat di Bali dengan rafting di Sungai Ayung. Penjagaan cukup ketat awak media dilarang mendekat, namun wisatawan lainnya tetap dapat beraktivitas seperti biasa.

Tentang Sungai Ayung, sungai ini memang terkenal sebagai tempat wisata rafting di Bali. Sungai Ayung pun merupakan sungai terpanjang di Bali dengan panjang sekitar 60-an km, dari Bali bagian tengah dan bermuara di kawasan Sanur.

"Sungai Ayung itu berasal dari kata ayu yang artinya sungai yang cantik. Sungai ini sejak tahun 1992 sudah ada cikal bakal menjadi tempat wisata rafting," ujar praktisi dan pemerhati pariwisata Bali, I Wayan Puspa Negara kepada detikTravel, Senin (26/6/2017).

BACA JUGA: Obama Mampir Dong, Ada 'Kembarannya' Nih di Museum Ini

Puspa yang juga menjabat sebagai Tenaga Ahli Pariwisata di DPRD Badung menambahkan, terdapat sekitar 12 opeator tur rafting di sekitar Sungai Ayung. Wisatawan bebas memilih yang sesuai selera. Serta tak perlu takut, karena grade (tingkat kesulitan) Sungai Ayung cukup aman. Ditambah, para pemandu rafting yang professional.

Turis yang rafting di Sungai Ayung (@BaliSobek/Facebook)Turis yang rafting di Sungai Ayung (@BaliSobek/Facebook)


"Sungai Ayung jeram dan arusnya menantang, tapi tidak terlalu berbahaya karena grade di sana 2 dan 3. Sungai ini memang sangat potensial untuk rafting," kata Puspa.

"Belum lagi di tepian sungai, terdapat desa-desa yang masih kental dengan budaya dan adat Bali seperti Desa Sayan dan Desa Ubud yang dilewati aliran sungainya. Tempat Obama menginap di Desa Sayan juga pemandangannya ke Sungai Ayung," tambahnya.

Menurut Puspa, hampir setiap hari Sungai Ayung ramai oleh wisatawan dalam dan luar negeri. Apalagi kala bulan Juli-Agustus, saat masa-masa high season, sangat penuh oleh pengunjung.

"Sungai Ayung ini sangat lengkap, raftingnya ada, pemandangannya indah, ada air terjun juga, ada gua kelelawar, bisa lihat fauna dan bisa melihat kehidupan Bali dari dekat. Memang, sungai ini cantik sekali sesuai namanya," tutup Puspa.

Rafting seru di Sungai Ayung, mau coba? (Dwi Wisuda Saptarini/d'Traveler)Rafting seru di Sungai Ayung, mau coba? (Dwi Wisuda Saptarini/d'Traveler)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA