Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Agu 2018 18:40 WIB

DESTINATIONS

9 Kapal Dikerahkan Evakuasi Turis dari Gili Trawangan

Samsdhuha Wildansyah
detikTravel
Foto: Evakuasi wisatawan di Gili Trawangan (dok Antik/Istimewa)
Jakarta - Gempa 7 SR yang mengguncang NTB membuat wisatawan di Gili Trawangan ikut terdampak. 9 Kapal dikerahkan untuk mengevakuasi 2.000-an turis di sana.

Gempa yang menggoyang Lombok ikut menimbulkan kepanikan turis-turis yang berwisata di Gili Trawangan. Sempat berpotensi tsunami, tapi akhirnya peringatan ini dicabut. Tak ingin mengambil risiko, para wisatawan di 3 Gili ingin dievakuasi.

"3 Pulau ini aman dari gempa dan tsunami, tapi keinginan besar wisatawan mereka ingin pulang. Akhirnya mereka dievakuasi. Evakuasi bukan paksaan, tapi inisiatif wisatawan," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jl Pramuka, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018).

BACA JUGA: BNPB: 2.000-2.700 Turis Dievakuasi dari Gili Trawangan

Untuk proses evakuasi ini, sebanyak 9 kapal dikerahkan bolak-balik untuk mengangkut para wisatawan. Dari 3 Gili, wisatawan akan dievakuasi ke Pelabuhan Bangsal di Lombok, kemudian diarahkan ke Mataram.

"Saat ini ada 9 kapal beroperasi. Diperkirakan proses evakuasi cepat karena jumlah kapal terpenuhi. Kondisi laut sudah pasang, sehingga kapal bisa bersandar di beberapa pelabuhan. Mekanismenya sama, dibawa ke Pelabuhan Bangsal. Wisatawan bisa pulang lewat Bandara Lombok atau tinggal di Lombok," tutup Sutopo. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA