Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Feb 2019 16:50 WIB

DESTINATIONS

Tradisi Valentine di Berbagai Negara, Mana yang Paling Romantis?

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Hari Valentine 2019 akan jatuh besok, 14 Februari. Setiap negara pun pasti memiliki tradisi uniknya masing-masing yang bikin pasangan cinta meleleh hatinya.

Tentu, setiap tempat mempunyai tradisi masing-masing terkait cinta dan kasih sayang. Apalagi di negara Barat, umumnya perayaan Valentine lebih meriah dan memiliki budaya tersendiri untuk mengungkapkan rasa sayang kepada orang yang terkasih.

detikTravel, Rabu (13/2/2019) telah mengumpulkan sejumlah tradisi dari beberapa negara saat Hari Valentine. Ternyata hari kasih sayang tidak harus tanggal 14 Februari. Berikut selengkapnya:

1. Korea Selatan

Negeri Gingseng Korea, punya tradisi yang sedikit berbeda dari kebanyakan wilayah lain. Pada saat Valentine di Korea Selatan, bunga dan cokelat tidak diberikan oleh laki-laki untuk perempuan, tetapi malah sebaliknya.

Namun, ada juga hari 'pembalasan'nya. Satu bulan setelah Valentine, ada hari yang dinamakan 'White Day'. Pada momen inilah para lelaki akan memberikan pasangannya hadiah, yang umumnya berupa permen.

Agak sedih sih buat yang jomblo. Kalau yang memiliki pasangan merayakan White Day, giliran para lajang akan merayakan Black Day. Pada hari inilah, mereka akan makan mie berwarna hitam.

2. China

Nah, kalau umumnya Valentine menggunakan kalender masehi, lain halnya di China. Negeri Tirai Bambu umumnya merayakan pada bulan ke-7 kalender Tionghoa.

Hari kasih sayang atau Valentine di China disebut Qixi Festival. Uniknya, alih-alih mengungkapkan rasa kasih sayang, para wanita di China merayakan hari tersebut dengan berdoa agar kemampuan menjahitnya bertambah, sehingga bisa mendapat suami yang baik. Walah!

3. Jerman

Beralih ke Eropa, tepatnya di Jerman, merayakan hari Valentine tidak jauh berbeda dari kesan utamanya. Namun, simbol hati yang menjadi representatif kasih sayang diganti dengan... babi.

Hal ini, dikarenakan Valentine dikhususkan untuk orang dewasa. Simbol babi pun juga menjadi perumpamaan rasa cinta dan nafsu. Umumnya, pasangan akan bertukar kado berupa coklat dan foto dengan pigura berbentuk babi.

4. Brasil

Di Amerika Latin, tepatnya Brasil, hari kasih sayang bukan dinamakan dengan Valentine. Tetapi St Anthony, yang merupakan santo pernikahan dan perjodohan yang jatuh pada 12 Juni.

Nah, sehari sebelum St Anthony, biasanya wanita lajang akan menuliskan nama pria idamannya di selembar kertas. Kemudian, mereka berharap pujaan hatinya mengetahui hal tersebut dan berharap berjodoh di masa depan.

5. Peru

Bukan bunga mawar, bukan coklat, bukan boneka beruang. Tetapi, ada yang beda dengan Valentine di Peru.

Di Peru, hari Valentine juga jatuh pada 14 Februari. Namun, bukannya memberi bunga mawar kepada pasangan, orang-orang Peru malah memberi bunga anggrek kepada yang tersayang. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Labuan Bajo dan Nomadic Tourism

Senin, 25 Mar 2019 20:35 WIB

Labuan Bajo masuk 4 destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah. Nomadic Tourism pun dipilih untuk pengembangan pariwisata di sana.

MRT Jakarta Bikin Bangga

Senin, 25 Mar 2019 19:10 WIB

MRT Jakarta baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (24/3), kemarin. Hari ini, masih antusias para penumpangnya dengan rasa bangga.