Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Feb 2021 06:03 WIB

DESTINATIONS

Kebun Raya Cibodas Punya 6 Taman yang Wajib Dikunjungi

Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas Foto: (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Saat pandemi, sejumlah tempat piknik di Jakarta menjadi alternatif liburan yang laris dikunjungi. Selain di Jakarta, Kebun Raya Cibodas juga menjadi salah satu destinasi piknik yang menarik untuk dikunjungi.

Kebun Raya Cibodas memiliki area yang lebih luas jika dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor. Ada lebih dari lima ribu jenis tanaman di kebun yang juga memiliki sejumlah air terjun dan perbukitan ini.

Sambil piknik bersama orang terdekat, Anda pun bisa curi-curi berfoto di beberapa lokasi Instagramable di Kebun Raya Cibodas berikut ini.

1. Taman Sakura

Ada tujuh jenis sakura yang berada di kawasan Kebun Raya Cibodas. Hingga kini, ada tiga jenis yang dijadikan koleksi, yakni Prunus arborea dari Jawa, Prunus costata dari Papua, dan Prunus cerasoides dari Himalaya. Secantik namanya, Anda bisa berfoto dengan bunga sakura yang bermekaran pada musim semi yang jatuh pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Bunga sakura mekar di Kebun Raya CibodasBunga sakura mekar di Kebun Raya Cibodas Foto: Ismet Selamet/detikcom


2. Taman Rhododendron

Tanaman Azalea Jawa (Rhododendron javanicum) merupakan ikon Kebun Raya Cibodas. Di kebun raya ini pun terdapat Taman Rhododendron. Awalnya ada tiga jenis tanaman azalea yang dikoleksi di kebun ini, yakni Rhododendron javanicum, Rhododendrom macgregoriae, dan Rhododendron mucronatum. Kini, kamu bisa melihat koleksi aneka Rhododendron di taman ini.

3. Taman Obat


Kebun Raya Cibodas menanam sekitar 164 jenis tanaman obat di taman ini. Selain beberapa tanaman obat yang sudah lazim ditemukan, di taman ini pun ada Centella asiatica atau pegagan. Betul, tanaman ini adalah bahan yang sering digunakan untuk produk kecantikan dan perawatan kulit.


4. Taman Liana


Di taman seluas 1.200 meter persegi ini kamu bisa melihat berbagai jenis liana yang merambat hingga ke pepohonan tinggi. Akar tanaman liana berada di dalam tanah untuk menyerap unsur hara, sementara pucuknya terus merambat ke tempat yang lebih tinggi untuk mendapatkan sinar matahari. Koleksi liana di Kebun Raya Cibodas merupakan hasil eksplorasi di kawasan Aceh, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, hingga Sulawesi Tengah.

Kebun Raya CibodasKebun Raya Cibodas Foto: (Ismet Slamet/detikcom)

5. Koleksi Paku

Koleksi tanaman paku-pakuan di Kebun Raya Cibodas kini telah mencapai 101 jenis. Tanaman ini pun berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tanaman paku sendiri telah digunakan sebagai bahan pangan, tanaman hias, kerajinan tangan, hingga bahan baku obat di Indonesia.

6. Rumah Kaca

Di rumah kaca di Kebun Raya Cibodas ini, Anda bisa melihat berbagai tanaman unik. Ada 98 jenis kaktus, 262 jenis anggrek, dan 71 jenis sukulen di rumah kaca ini. Tanaman-tanaman ditempatkan di rumah kaca yang menyerupai lingkungan di habitat aslinya agar mampu bertahan.

Kebun Raya CibodasKebun Raya Cibodas Foto: (Ismet Slamet/detikcom)



Simak Video "Menikmati Indahnya Kampung Bunga Matahari di Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA