Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Jun 2022 08:24 WIB

DESTINATIONS

Pesona Arborek, Desa Wisata Terbersih di Papua Barat

Desa wisata Arborek
Foto: Arborek, Raja Ampat (Jadesta Kemenparekraf)
Jakarta -

Raja Ampat memang terkenal akan keindahannya yang begitu memukau. Pesona bawah lautnya begitu menggoda untuk dijelajahi.

Salah satu desa wisata yang bisa ditemukan di Raja Ampat yaitu Desa Arborek. Mengutip instagram Pesona Indonesia di sini traveler bisa bermalam di home stay tepi pantai, makan hidangan laut yang segar seperti Sinole, kue khas Papua aeowon hingga papeda, snorkeling hingga diving di taman laut yang cantik beriringan dengan ikan pari manta.

Desa wisata ArborekDesa wisata Arborek Foto: (Jadesta Kemenparekraf)

Tak lupa kamu juga bisa membeli oleh-oleh produk kreatif buatan para perempuan Desa Arborek. Ada tas noken, gelang hingga topik berbentuk ikan pari manta. Kerajinan tangannya sudah cukup terkenal ke mancanegara dan menjadi ciri khas Raja Ampat.

Desa Wisata Arborek pernah masuk nominasi ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kemenparekraf. Menariknya lagi, Arborek menjadi Desa Terbersih di Papua Barat.

Lokasinya berada di Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Jaraknya sekitar 3-4 jam dari Kota Sorong, kemudian dilanjutkan menggunakan speed boat kurang lebih dua jam.

Dikutip dari situs Jajaran Desa Wisata (Jadesta) dari Kemenparekraf, Arborek punya luas 7,2 hektar dengan jumlah penduduk 44 kk. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan dan pengusaha di bidang wisata.

Nah, daya tarik lainnya yaitu warganya yang sangat sadar akan kebersihan dan menjunjung tinggi nilai konservasi yang sudah ada. Pada tahun 2017, kampung ini meraih penghargaan juara 1 kampung terbersih se provinsi Papua Barat, dan juga meraih anugerah ISTA dari Kemenparekraf di tahun 2017 sebagai kampung ang memanfaatkan ilai sadar lingkungan dan pariwisata bagi penunjang ekonomi masyarakat. Sementara pada tahun 2018, ISTA memberikannya gelar salah satu Kampung Berbudaya.



Simak Video "Panorama Raja Ampat, Keindahan Alam Nusantara Tanpa Batas"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA