Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 26 Mar 2017 12:55 WIB

TRAVEL INSIDE

Penasaran Bikin Kimchi & Pakai Hanbok Khas Korea

Kurnia Yustiana
detikTravel
dTraveler menjajal hanbok, pakaian khas Korea (Kurnia/detikTravel)
d'Traveler menjajal hanbok, pakaian khas Korea (Kurnia/detikTravel)
Yongin - Jalan-jalan ke Korea Selatan, bisa jadi kesempatan belajar membuat kimchi. Tak lupa pula untuk menjajal pakai pakaian hanbok ala orang Korea.

Petualangan pemenang d'Traveler of The Year 2016 yaitu Muhammad Catur Nugraha, Renky Liniaryadi dan Desvriany Susilo di Korea Selatan, Sabtu (25/3/2017) masih berlanjut. Setelah ke puncak Gunung Seorak, perjalanan dilanjutkan ke kawasan Yongin untuk belajar membuat kimchi.

Kimchi sendiri merupakan makanan khas Korea berupa asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Kimchi bisa dibilang makanan wajib di Negeri Kpop ini. Setiap makan, sepiring kecil kimchi ikut disajikan.
Membuat kimchiMembuat kimchi (Kurnia/detikTravel)

d'Traveler berkesempatan belajar singkat cara membuat kimchi di Kimchi Sarang. Wisata sambil belajar membuat kimchi yang dikemas sedemikian rupa ini cukup digemari turis mancanegara.

"Mereka sangat membanggakan makanan nasional. Mereka pintar sekali mengemas unsur tradisional untuk promosi pariwisata," kata Renky.

Memasuki ruang kelas, tersedia meja-meja panjang dengan sawi putih dan bumbu kimchi di atas meja. Ada seorang wanita yang menjelaskan bagaimana cara membuat kimchi, apa saja bumbunya dan berapa lama prosesnya yang memang tidak sebentar.
Penasaran Bikin Kimchi & Pakai Hanbok Khas KoreaMembuat kimchi (Kurnia/detikTravel)

Setelah itu semua yang ada di ruangan itu praktek melumuri bumbu pedas kimchi yang berwarna merah di berbagai sisi sawi putih yang tersedia, kemudian diikat dan siap dimakan. Tapi biasanya warga Korea lebih senang menyimpannya di bawah tanah selama 2 tahun untuk rasa yang lebih enak.

"Maunya sih praktek langsung saat buat bumbunya itu, tapi mungkin karena keterbatasan waktu jadinya hanya di jelaskan. Dan akan aku coba di rumah, tadi ngerekam resep-resepnya," tutur Desvriany.

Setelah itu, masih di Kimchi Sarang, d'Traveler menjajal mengenakan hanbok, pakaian tradisional Korea. Hanbok beraneka warna telah disediakan, lengkap dengan aksesoris ala bangsawan Korea. Tak ketinggalan photobooth untuk foto-foto kece saat pakai hanbok.

Perjalanan di akhir pekan belum selesai. Setelah dari Kimchi Sarang, masih akan dilanjutkan ke taman rekreasi Everland. Pantengin terus cerita serunya di detikTravel ya!

d'Traveler of The Year 2016 yang digelar detikTravel ini merupakan ajang apresiasi tahunan kepada para d'Traveler, member travel blogger dan komunitas detikTravel. Hadiah untuk ketiga pemenang utama tahun 2016 adalah liburan ke Korea Selatan selama 5 hari dari AntaVaya Tour & Travel. (krn/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA