Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Des 2021 11:17 WIB

DETIKTRAVEL

7 Fakta Barbados, Kampung Rihanna yang Lepas dari Inggris & Jadi Republik

Syanti Mustika
detikTravel
Bright image of wooden promenade at the waterfront of Bridgetown in Barbados. Colorful building against blue sky with white clouds. Boats and yachts in the harbor.
Barbados memiliki pantai-pantai indah. (iStock)
Jakarta -

Barbados sedang menjadi sorotan dunia setelah resmi menjadi republik. Yuk, simak fakta tentang kampung halaman Rihanna ini.

Senin lalu (29/11) Barbados resmi menjadi republik setelah berabad-abad menjadi bagian Monarki Konstitusional bagian dari Inggris. Barbados sekaligus mencopot Ratu Elizabeth II dan melantik presiden pertama mereka, Dame Sandra Mason.

Nah, detikcom telah merangkum nih fakta menarik tentang Barbados yang perlu kamu tahu.

1. Negara Republik Termuda

Selama ini Barbados berada di bawah bayang-bayang Inggris, tepatnya 400 tahun lamanya. Sejak Senin (29/11), Barbados resmi menjadi sebuah negara dan mencopot Ratu Elizabeth II dan bendera Inggris. Hal ini menjadikannya sebagai negara Republik termuda.

BRIDGETOWN, BARBADOS - 30 NOVEMBER: Perdana Menteri Barbados Mia Mottley, mantan pemain kriket Garfield Sobers, Presiden Barbados, Dame Sandra Mason, Rihanna, dan Pangeran Charles, Pangeran Wales berdiri selama Upacara Pelantikan Presiden di Heroes Square pada 30 November 2021 di Bridgetown, Barbados. Pangeran Wales tiba di negara itu sebelum transisinya menjadi republik di dalam Persemakmuran. Minggu ini, mereka secara resmi mencopot Ratu Elizabeth sebagai kepala negara dan gubernur jenderal saat ini, Dame Sandra Mason, akan dilantik sebagai presiden. (Foto oleh Toby Melville - Pool/Getty Images)BRIDGETOWN, BARBADOS - 30 NOVEMBER: Perdana Menteri Barbados Mia Mottley, mantan pemain kriket Garfield Sobers, Presiden Barbados, Dame Sandra Mason, Rihanna, dan Pangeran Charles, Pangeran Wales berdiri selama Upacara Pelantikan Presiden di Heroes Square pada 30 November 2021 di Bridgetown, Barbados. Pangeran Wales tiba di negara itu sebelum transisinya menjadi republik di dalam Persemakmuran. Minggu ini, mereka secara resmi mencopot Ratu Elizabeth sebagai kepala negara dan gubernur jenderal saat ini, Dame Sandra Mason, akan dilantik sebagai presiden. (Foto oleh Toby Melville - Pool/Getty Images) Foto: Getty Images/Pool

2. Melantik Presiden Pertama di Tahun 2021

Adapun presiden pertama dari Barbados adalah Dame Sandra Mason. Sebelumnya, dia pernah menjadi duta besar untuk Venezuela, Chile, Kolombia, dan juga Brasil.

3. Kampung Halamannya Rihanna

Barbados merupakan tempat kelahiran musisi dunia yaitu Rihanna. Dia lahir pada 20 Februari 1988 di Parish, Saint Michael. Dia juga besar di Bridgetown, ibukota Barbados.

Pada hari peresmian menjadi Republik, Rihanna juga dianugrahi gelar Pahlawan Nasional Barbados karena kesuksesannya mengharumkan kampung halamannya.

Rihanna mengambil foto di Golden Square Freedom Park setelah menjadi Pahlawan Nasional ke-11 Barbados, selama upacara Kehormatan Nasional dan Parade Hari Kemerdekaan, di Bridgetown, Barbados, Selasa 30 November 2021. Barbados berhenti berjanji setia kepada Ratu Elizabeth II pada hari Selasa saat ia menumpahkan sisa lain dari masa lalu kolonialnya dan menjadi republik untuk pertama kalinya dalam sejarah. (Foto AP/David McD Crichlow)Rihanna mengambil foto di Golden Square Freedom Park setelah menjadi Pahlawan Nasional ke-11 Barbados, selama upacara Kehormatan Nasional dan Parade Hari Kemerdekaan, di Bridgetown, Barbados, Selasa 30 November 2021. Barbados berhenti berjanji setia kepada Ratu Elizabeth II pada hari Selasa saat ia menumpahkan sisa lain dari masa lalu kolonialnya dan menjadi republik untuk pertama kalinya dalam sejarah. (Foto AP/David McD Crichlow)

4. Punya Perairan Laut yang Memukau

Barbados merupakan salah satu tujuan wisata laut di Karibia. Barbados satu-satunya pulau batu kapur karang di Karibia. Ini menyediakan terumbu karang tepi di sepanjang garis pantai dan menjadikannya tujuan kelas satu untuk menyelam. Mereka tentu saja punya banyak spot cantik untuk diving.

Salah satu atraksi yang populer adalah berenang dengan penyu. Terdapat beberapa spot untuk bisa melihat penyu ini. Sebut saja Carlisle Bay, Holetown, Dover Beach & Drill Hall.

Wisata BarbadosWisata Barbados Foto: (dok Visit Barbados)

5. Punya Pantai Tercantik di Dunia

Barbados menawarkan lebih 60 pantai untuk wisatawan dan salah satunya adalah pantai terbaik di dunia. Ya, yaitu Crane Beach di Paroki St Philip. Semua pantai di sini dibuka untuk umum lho.

Crane Beach menawarkan laut cantik dengan pasir pantai yang berwarna pink. Bisa dikatakan jika Crane Beach adalah 'pantai pinknya' Barbados.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA