Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Nov 2017 16:50 WIB

UGC-BRIDGE

Wisata 'Cinta' di Sulawesi Selatan

Jaya Hartawan
Redaksi Travel
Foto: Jaya/detikTravel
Foto: Jaya/detikTravel
Palopo - Sulawesi Selatan punya spot baru yang patut dikunjungi. Lereng Cinta, taman alam yang bertemakan cinta.

Lereng Cinta, nama objek wisata alam baru Kota Palopo yang mulai ramai kunjungi dan minati warga baik lokal maupun wisatawan. Terletak di lereng gunung Kelurahan Mawa, Kecamatan Sendana, Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Objek wsiata ini hanya 15 menit dari pusat Kota Palopo.

Berawal dari area perkebunan yang kurang terawat lalu disulap menjadi destinasi menarik yang menyita perhatian wisatawan. Adalah Lereng Cinta, sebuah tempat wisata baru yang ada di Kota Palopo dengan beberapa spot foto menarik untuk kamu yang suka selfie. Di Lereng Cinta, pengunjung dapat menikmati seantero Palopo.

Seperti namanya, spot-spot wisata kawasan ini menyimbolkan 'cinta'. Dilihat dari gazebo, tempat-tempat duduk, taman, hingga tenda-tendanya berbentuk organ hati manusia atau love. Bebungaan di tamannya pun dirangkai membentuk hati. Juga taman-tamannya ada yang diberi nama Gembok Cinta dan Kampung Cinta.

Pengunjung bisa ber-selfie ria di depan tuilsan Lereng Cinta (Jaya/detikTravel)Pengunjung bisa ber-selfie ria di depan tuilsan Lereng Cinta (Jaya/detikTravel)

Tak hanya spotnya berdesain cinta, ada rumah-rumah mungil didesain unik. Layaknya rumah terbalik dan bertiang pohon lengkap dengan 'Gembok Cinta'. Pengunjung bisa duduk santai di terasnya, sembari menatap hamparan kota Palopo.

Di sini juga ada ayunan beraneka warna yang mengait ke pepohonan. Segarnya udara dan indahnya pemandangan, menjadikan kita betah lama-lama bermain ayunan. Swing!

Mau duduk di dahan pohon berduaan? Di sana juga tersedia dahan-dahan yang bawahnya dilengkapi lantai papan. Traveler tidak perlu memanjat pohon, ada tangga yang disediakan pengelola. Bagi kamu yang ingin menguji adrenalin, juga ada wahana flaying fox dan outbond.

Tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau, hanya Rp 8 ribu. Sedangkan untuk wahana outbound dan flaying fox dikenakan biaya Rp 15 ribu. Rencananya akan wahana sepeda terbang dan lainnya lho. Hal ini dilakuakn pengelola, untuk menarik wisatawan berkunjung ke sini.

Taman ini bertemakan cinta (Jaya/detikTravel)Taman ini bertemakan cinta (Jaya/detikTravel)


detikTravel pun sempat berbincang-bincang degnan pemilik kebun yang yang saat ini menjabat Waka Polres Palopo, Kompol Woro Susilo. Dia mengatakan jika dirinya membuat lereng cinta karena berawal dari hobi berkebun.

"Saya sesudah ngantor berkebun, nyangkul, dan menanam sayur," kata Woro Susilo, Rabu (22/11/2017).

Woro Susilo menambahkan, karena melihat ada potensi wisata di kebunnya, maka ia berinisiatif untuk membangun tempat wisata Lereng Cinta.

"Sebenarnya pertama yang saya buat itu rumah terbalik di atas pohon yang saya gunakan sebagai tempat istirahat. Kemudian saya lihat banyak yang datang berfoto ditempat itu dan saya inisiatif mendesain sendiri lereng cinta itu," tuturnya.

Luas kebun yang saat ini dijadikan Lereng Cinta adalah 1,5 hektar. Saat ini tempat ini mulai ramai dikunjungi warga. Terbukti sejak dibuka hingga sekarang, pengunjung telah mencapai 25 ribu orang.

(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED