Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jul 2020 20:05 WIB

UGC-BRIDGE

Fakta Gunung Telomoyo, Gunung Api yang Punya Landasan Paralayang

Tim Detikcom
detikTravel
Gunung cantik di Magelang/Semarang
Kawasan Gunung Telomoyo di Jawa Tengah (Foto: Eko Susanto/detikTravel)
Jakarta -

Gunung Telomoyo terletak di antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Posisinya yang mudah dijangkau membuat gunung ini kerap diserbu traveler terutama pada musim liburan dan akhir pekan.

Puncak Telomoyo memang merupakan salah satu puncak gunung yang terbilang mudah diakses. Bahkan bagi traveler yang tidak punya keahlian mendaki atau kekuatan fisik yang sangat baik sekalipun.

Selain ada jalur khusus bagi para traveler yang senang trekking, uniknya puncak Gunung Telomoyo bisa dicapai dengan kendaraan terutama roda dua bahkan roda empat. Ketinggian gunung ini memang di bawah gunung-gunung lain di sekitarnya.

Fakta-fakta Gunung Telomoyo:

1. Gunung api yang tak pernah meletus

Ternyata Gunung Telomoyo masuk dalam jajaran gunung api dengan tipe stratovolcano atau gunung api kerucut. Namun gunung dengan ketinggian 1.864 meter atau 6.115 kaki ini tak pernah sekalipun meletus.


2. Diperkirakan terbentuk sekitar 10 ribu tahun Sebelum Masehi

Dikutip dari laman Volcano World, Oregon State University, Gunung Telomoyo terbentuk dari sisi selatan Gunung Soropati yang longsor berbentuk huruf U. Dari bekas longsoran itu Telomoyo tumbuh dan merupakan bagian dari zaman Holosen kurang lebih 10 ribu tahun SM.

3. Dikelilingi empat gunung

Gunung Telomoyo lokasinya strategis karena berada di tengah empat gunung lain di Jawa Tengah yakni Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran. Namun selain gunung-gunung tersebut dari Gunung Telomoyo kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi yang terletak di sebelah selatan Gunung Merbabu.

4. Menikmati pemandangan Rawa Pening dan sejumlah kota

Dari puncak Gunung Telomoyo, traveler bisa meliat indahnya pemandangan Rawa Pening, Ambarawa serta kota Ambarawa. Selain itu dari atas terlihat juga Kota Salatiga dan Kota Magelang.

5. Punya landasan paralayang tertinggi di Indonesia

Bagi kamu yang bisa olahraga paralayang, Gunung Telomoyo menyediakan landasan luncurnya. Landasan paralayang di gunung ini termasuk yang tertinggi di Indonesia. Gunung Telomoyo tergolong kategori baik untuk paralayang karena menawarkan pemandangan yang menarik dan landasannya terbuka. Sejumlah kejuaraan paralayang dan gantole telah digelar dari atas Gunung Telomoyo.



Simak Video "Asyiknya Motoran Naik Gunung Telomoyo"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA