Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Jul 2021 11:26 WIB

DETIKTV

Eksklusif! Sandiaga Uno Bicara Serba-serbi Wisata Vaksin

Jakarta -

Wisata berbasis vaksin menjadi tren. Peluang ini pun turut dilirik oleh Indonesia. Bali pun dipilih sebagai pilot project program wisata vaksin di Indonesia. Bagaimana konsepnya? Dalam wawancara ekskuslif bersama detikcom, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno pun menjabarkan serba-serbi wisata vaksin di Bali.

"Diskusi mengenai pariwisata berbasis vaksin ini sudah lama kita lakukan mungkin 2-3 bulan terakhir dan saat rapat internal dengan Bapak Presiden dan beberapa menteri melibatkan juga Pemprov Bali, Bapak Gubernur Bali, saya menyampaikan bahwa sekarang yang menjadi tren adalah pariwisata berbasis vaksin. Ada beberapa paket paket-paket wisata ke negara-negara lain sampai paling jauh ke Amerika, yang menawarkan wisata dan mendapatkan vaksin berbagai jenis. Mulai dari Pfizer, Moderna, Johnson & Johnson. Paketnya ada yang 14 hari, ada yang 21 hari dan beberapa lain sebagainya. Dan ini ternyata mendapatkan minat yang cukup signifikan dari masyarakat Indonesia," ujar Sandiaga Uno.

Adanya peluang wisata vaksin yang diminati pun membuat Sandiaga optimistis untuk menjalankan program ini. "Dan saya mendapat laporan dari dunia usaha bahwa peminatnya banyak dan harga promonya itu hanya diberikan kepada 3-5 peminat pertama tapi setelah itu harganya tinggi pada saat itu saya sampaikan kepada Bapak Presiden bahwa kita juga memiliki peluang," tambahnya.

Terkait pemilihan Bali sebagai pilot project, Sandiaga pun menyebut ada dua alasan. Pertama, Bali merupakan provinsi yang paling cepat progres vaksinasi COVID-19. Kedua, Bali paling membutuhkan uluran dari pemerintah mengingat ekonominya yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19.

"Bali yang sudah menjadi provinsi terdepan dalam pelaksanaan percepatan vaksin dan kedua Bali ini sangat membutuhkan sentuhan dari pemerintah dan masyarakat Indonesia karena Bali ekonomi yang paling terkontraksi secara dalam dari 34 provinsi sudah hampir 5 kuartal Bali mengalami kontraksi -12% berkali-kali dan terakhir di kuartal pertama -9%," jelas eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Selain obrolan di atas, Sandiaga Uno juga turut menjabarkan terkait konsep wisata vaksin di Indonesia. Simak selengkapnya di video 20Detik ya!

(/dis)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA