Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 15 Agu 2013 18:17 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Penginapan Unik Sekitar Jakarta, Karavan Sampai Tenda Mongol

Afif Farhan
detikTravel
Tenda mewah bergaya Mongol di The Highland Park Resort (Fitraya/detikTravel)
Bogor - Tahukah Anda, ternyata ada beberapa penginapan unik di sekitar Jakarta. Bentuknya pun beragam, mulai dari karavan hingga tenda Mongol ala Gengis Khan. Menginap di sana, bakal jadi pengalaman tiada dua. Wajib coba!

Tak perlu jauh-jauh dari Jakarta untuk berlibur dan mencari pengalaman baru. Ada tiga penginapan di sekitar Jakarta yang bisa Anda datangi untuk mendapatkan liburan berkesan. Jangan lupa, ajak juga keluarga tercinta.

Disusun detikTravel, Kamis (15/8/2013), berikut tiga penginapan unik yang ada di sekitar Jakarta:

1. The Highland Park Resort-Hotel Bogor

Di Bogor ternyata ada penginapan unik dengan gaya Mongolia. Adalah The Highland Park Resort-Hotel Bogor, sebuah resor yang terletak di kaki Gunung Salak. Perjalanan ke sana dapat Anda tempuh dari Jl Raya Ciapus, Bogor sampai pertigaan Curug Nangka di Kampung Sinarwangi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Pintu masuk The Highland Park Resort-Hotel Bogor persis di pertigaan Curug Nangka tersebut. Mata Anda akan menangkap pemandangan puluhan tenda putih bulat yang berjajar rapi. Luas resornya mencapai 9 hektar!

Saat melihat tenda-tenda tersebut, pikiran Anda seolah melayang ke tempat tinggal ala bangsa Mongol yang terkenal di era Gengis Khan. Memang, konsep resor ini mengambil tema tersebut.

Suasana ala Mongol dapat Anda lihat dari Kain-kain warna-warni yang cerah dan menjuntai dari langit-langit tenda sampai ke lantainya. Di dalamnya, ada ranjang besar, sofa, TV, kamar mandi, air panas, AC dan kulkas. Bahkan, ada WiFi juga lho!

Di sekitar resor terdapat bukit-bukit hijau dengan pemandangan yang ciamik. Di sekitar tenda-tenda putihnya, wisatawan bisa bermain di arena outbound, menunggangi kuda, melihat kebun bunga gebra dan anthurium serta memetik bunga chrysant. Malam harinya, ada paket api unggun, bakar jagung dan BBQ yang bisa dipilih wisatawan.

Untuk soal harga, Camp Standar bertarif Rp 2 juta, Camp Deluxe Rp 2,5 juta, Camp Superior Rp 2,25 juta, dan Camp Barack Superior Rp 4,5 juta. Harga termasuk pajak dan sarapan.

2. Caravan Camping Ground, Bogor

Taman Safari Indonesia di Cibeureum, Cisarua, Bogor rupanya juga punya penginapan yang unik. Di sana ada karavan yang disediakan untuk bermalam para wisatawan. Rasanya, seperti 'berkemah' di dalam hutan!

"Ada tiga karavan, yang karavan biasa, karavan bus, dan karavan rhino," ujar kata Public Relation Taman Safari Cisarua, Yulius HS kepada detikTravel, Rabu (15/8/2013).

Yulius menambahkan, untuk karavan biasa harganya Rp 605 ribu saat hari kerja dan Rp 860 ribu saat akhir pekan. Untuk yang bus dipatok biaya Rp 710 ribu saat hari kerja dan Rp 945 ribu saat akhir pekan. Yang Rhino, harganya adalah Rp 500 ribu untuk hari kerja dan Rp 700 ribu saat weekend.

"Kita ada 23 unit karavan di sini. Tamu yang bermalam di sana sudah dapat diskon 50% untuk masuk Taman Safari, jadinya cukup membayar Rp 70 ribu saja," kata Yulius.

Satu karavan dapat menampung satu keluarga yang terdiri dari bapak, ibu dan dua anak. Di dalamnya ada fasilitas dan kamar mandi. Khusus karavan rhino hanya untuk dua orang saja.

"Karavan ini dekat kantor Taman Safari Indonesia. Jadi, sebelum loket masuk Taman Safari itu ke kanan," ujar Yulius.

3. The Cabin, Bogor

Ternyata, ada penginapan unik di Taman Wisata Mekarsari. Berada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol Km 3, Bogor, Jawa Barat, taman wisata ini mempunyai penginapan bernama The Cabin alias boks container.

"Penginapan di The Cabin harganya Rp 660 ribu saat weekday dan Rp 880 ribu untuk weekend," ujar Public Relations Manager Taman Wisata Mekarsari, Putri Ayu Pratami.

Lucunya, boks container tersebut dicat berwarna-warni dengan gambar buah sebagai ikon Taman Wisata Mekarsari. Bagian dalamnya pun penuh dengan fasilitas yang menjanjikan kenyamanan. Walaupaun berada di dalam boks, jangan takut gerah karena ada pendingin ruangan.

"Ada 5 The Cabin di sini dan satu untinya bisa diisi oleh 4 orang. Harga tersebut sudah termasuk sarapan pagi dan paket keliling Taman Wisata Mekarsari dengan kereta wisata, gratis!" papar Putri.

Meski demikian, kini Taman Wisata Mekarsari sedang dalam renovasi hingga November 2013 mendatang. The Cabin pun ditutup dan tidak bisa ditempat dulu.

"Setelah November, wisatawan bisa mencoba menginap di The Cabin. Semuanya sudah berjalan normal dan untuk kabar sekarang, belum ada perubahan untuk The Cabin, masih sama," tutup Putri.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA