Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Agu 2013 17:39 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tak Hanya Alam Bawah Laut, Derawan Juga Punya Sunset Memukau

Ini dia sunset di Kepulauan Derawan (Putri/detikTravel)
Derawan - Derawan di Kalimantan Timur dikenal turis lewat keindahan alam bawah lautnya. Selain itu, kepulauan ini juga menyimpan sunset yang memukau. Lihatlah cahaya jingganya mengintip masuk lewat celah jendela.

Berkeliling ke beberapa pulau di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur ternyata menghabiskan waktu dari pagi hingga sore hari. Ketika itu, saya berkunjung ke Pulau Derawan dan Maratua.

Dengan menggunakan speedboat, saya dan rombongan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Batu menuju Kepulauan Derawan. Sekitar pukul 09.00 WIB, speedboat melaju kencang menuju Pulau Maratua.

Kami tiba di Maratua sekitar pukul 10.00 WIB. Kurang lebih dua jam kami berada di sana. Puas memuji keindahan alam yang disuguhkan Maratua, rombongan pindah ke Pulau Derawan.

Kali ini perjalanan tidak terlalu jauh karena letak Maratua dan Derawan yang cukup dekat. Pukul 13.00 WIB, akhirnya speedboat yang kami tumpangi bersandar di dermaga Pulau Derawan.

Air laut yang jernih menghiasi perairan Derawan. Terumbu karang dan ikan hias aneka warna menjadi penghuni perairan pulau ini. Ada banyak kegiatan yang bisa turis lakukan saat berada di Pulau Derawan, seperti snorkeling atau bermain banana boat.

Saking asyiknya pulau ini, tanpa disadari ternyata waktu sudah menjelang sore. Cahaya matahari yang awalnya bersinar terang, kini perlahan meredup.

Saya dan rombongan pun memutuskan kembali ke speedboat untuk pulang ke Tanjung Redeb, Berau. Di tengah laut, perlahan cahaya merah menyisip masuk di antara kaca jendela.

Cahaya ini semakin lama semakin jelas warnanya. Saya pun membuka jendela, dan mendapati sang surya perlahan turun kembali ke peraduan.

Jeprat! Jepret! Tanpa ragu, lensa kamera langsung saya arahkan ke matahari terbenam ini. Silau mata memandangnya, tapi keindahan yang dipancarkan membuat saya tetap bertahan menatap sang surya.

Tak terasa, cahaya matahari ini perlahan hilang. Langit pun yang semula merah perlahan menjadi gelap. Sunset tercantik di Kepulauan Derawan perlahan hilang. Sempurna!

(ptr/ptr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA