Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Okt 2013 08:46 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pantai Merah Muda di Pulau Komodo, Kok Bisa?

detikTravel
Bentang pantai Pink Beach (Dadan/detikTravel)
Manggarai Barat - Bila kita pergi ke pantai, tentu kita akan dimanjakan langit biru dan pasir putihnya. Tetapi bagaimana jadinya jika pasir pantai berwarna merah muda seperti di Pulau Komodo? Unik pastinya ya.

Di mana mendapatkan pantai merah muda ini? Di luar negeri? Oh tidak, Anda cukup berkunjung ke Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Di sana di salah satu pulaunya ada sebuah pantai yang dinamai Pink Beach atau Pantai Merah.

Saat detikTravel berkunjung ke sana beberapa waktu lalu atas undangan PT Astra Daihatsu Motor, pantainya memang berwarna merah muda. Awalnya saya tidak percaya, saya pikir, Pink Beach itu hanya sekedar nama saja, bukan karena memang pantainya berwarna merah muda.

Ternyata anggapan saya salah, ketika speed boat yang membawa saya menepi ke pantai, baru benar-benar terlihat pesona pantai merah muda yang cantik.

"Mungkin ini akibat pecahan karang berwarna merah muda," ujar rekan saya berspekulasi. Jawabannya nyaris tepat, warna pink ini dari hewan bersel satu yakni Foraminifera yang hidup di dasar laut dan terbawa ke pantai.

Warga di sana yang menemani saya di Pink Beach juga tidak memberikan informasi yang jelas mengenai bagaimana ceritanya pantai merah muda terbentuk. Ya sudah, mungkin biarkan saja para ahli yang meneliti bagaimana jadinya pantai merah muda ini, yang pasti pantainya memang cantik.

Wajar saja jika para bule dan turis domestik menyenangi pantai ini. Meski cuacanya cukup panas, tak menghalangi mereka untuk berenang di tepi pantai.

Anda juga bisa memotret keindahan pantai merah muda dari sebuah bukit yang bisa Anda capai dari bibir pantai. Klik-klik-klik, kita akan mendapatkan panorama Pulau Komodo dan Pink Beach yang lengkap dalam satu frame. Asyik!

Keasyikan lainnya adalah keindahan bawah lautnya. Belum seberapa jauh dari bibir pantai kita akan menemui pesona terumbu karang yang bikin hati ini berdesir. Snorkling saja, tidak perlu menyelam, karena wisata bawah air ini bisa kita lihat tanpa kita harus menyelam lebih dalam.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA