Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Mar 2014 17:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ajaib! Indonesia Punya 3 Air Terjun Langsung ke Laut

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Air Terjun Banyu Tibo (Mitha/d'Traveler)
Tapanuli Tengah - Indonesia sungguh luar biasa. Kalau wisatawan pernah melihat air terjun yang tinggi, lebar atau bertingkat, tunggu sampai melihat yang satu ini: air terjun yang langsung jatuh ke laut. Indonesia punya 3 yang seperti ini.

Biasanya, air terjun di berbagai negara letaknya ada di dataran menengah atau tinggi, di dalam hutan atau di pegunungan. Namun Indonesia punya yang lebih unik, yaitu air terjun yang langsung jatuh ke laut.

Dalam penelusuran detikTravel, Kamis (6/3/2014) air terjun semacam ini bukan hanya ada satu, melainkan ada tiga. Berikut penjelasannya:

1. Air Terjun Mursala, Tapanuli Tengah

Air terjun langsung ke laut, yang pertama ada di Pulau Mursala, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara. Air terjun ini berada di ujung pulau, tepatnya di atas sebuah tebing setinggi 35 meter.

Air Terjun Mursala jatuh mengalir melewati dinding karang yang berwarna hitam. Airnya mengalir langsung ke perairan dangkal berwarna hijau jernih. Di bawahnya terdapat terumbu karang warna-warni dengan ikan yang hilir mudik.

Bagaimana ada sumber mata air dan juga air terjun di pulau kecil ini? Semua orang masih menduga-duga apakah itu sumber air bawah tanah atau dari mana. Wisatawan yang penasaran bisa pergi ke Pandan, ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah, kemudian naik kapal selama 2 jam ke Pulau Mursala.

Pulau Mursala tak terlalu luas, sehingga tampak mustahil bisa menghasilkan volume air tawar yang cukup besar. Air terjun ini bahkan masih mengalir saat musim panas. Ternyata selain cantik, air terjun ini juga unik!

2. Air Terjun Jogan, Gunungkidul

Air terjun langsung ke laut, yang kedua ada di Pantai Jogan, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Gunungkidul memang punya deretan pantai keren nan tersembunyi dengan berbagai karakter uniknya. Nah, salah satunya adalah Pantai Jogan.

Pantai Jogan memiliki karakter pantai karang. Keunikannya, ada air terjun yang langsung jatuh ke laut dari atas karang tersebut. Air terjunnya tidak tinggi, hanya sekitar 7 meter.

Asyiknya, wisatawan bisa mendekat ke bawah air terjun ini. Bahkan wisatawan bisa bermain di bawah air terjun, karena air yang jatuh tidak terlalu deras. Di bawah air terjun pun bukan kolam, melainkan bebatuan pantai. Rasanya seperti mandi di pancuran!

Jalan menuju Pantai Jogan cukup berliku, penuh tanjakan dan turunan. Namun Anda tak akan bosan selama perjalanan, karena panoramanya masih asli. Untuk masuk ke Pantai Jogan dan Siung, wisatawan cukup membayar sekitar Rp 3.000 per motor.

3. Air Terjun Banyu Tibo, Pacitan

Air terjun langsung ke laut yang ketiga ada di Pantai Banyu Tibo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Banyu Tibo artinya air jatuh, kenapa pantai ini dinamakan demikian, karena ada air jatuh alias air terjun yang menjadi ciri khasnya.

Pantai Banyu Tibo adalah salah satu 'surga' tersembunyi di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan, Jawa Timur. Karakter pantai karangnya agak berbeda dengan Pantai Jogan. Meskipun sama-sama punya air terjun yang jatuh di laut, Air Terjun Banyu Tibo jatuh ke pasir pantai bukan bebatuan.

Air terjun ini tingginya sekitar 7-8 meter. Jika air laut sedang surut, muncul pantai mini di bawah Air Terjun Banyu Tibo dan wisatawan bisa bermain sepuasnya. Tapi, hati-hati licin saat menuruni karangnya ya!




(sst/sst)
BERITA TERKAIT