Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Apr 2014 07:56 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Halilintar, Roller Coaster yang Pasti Dicoba di Dufan

Faela Shafa
Redaksi Travel
Roller coaster wajib coba di Dufan, Halilintar (Shafa/detikTravel)
Roller coaster wajib coba di Dufan, Halilintar (Shafa/detikTravel)
Jakarta - Banyak wahana baru di Dunia Fantasi, tetapi ada satu wahana yang takkan terlewatkan oleh semua pengunjung. Inilah Halilintar, roller coaster paling favorit pengunjung Dufan. Seperti apa rasanya naik wahana yang satu ini?

Teriakan dari penumpang yang di atas kereta Halilintar terdengar setiap 5 menit sekali. Setiap orang yang lewat sana pasti menengok, dan kemudian mengantre untuk naik wahananya. Sepenuh apapun, setakut apapun, hampir seluruh pengunjung yang liburan ke Dunia Fantasi di Ancol, Jakarta Utara, pasti penarasan dengan roller coaster yang satu ini.

Sejak tahun 1985, wahana ini telah menjadi salah satu andalan Dufan, dan otomatis menjadi favorit para wisatawan. Saat detikTravel mencoba wahana ini, Selasa (8/4/2014), wisatawan yang naik Halilintar pada hari itu sudah mencapai 1.500 orang. Padahal, hari masih cukup siang. Menurut counter person di depan wahana, saat akhir pekan atau hari libur, orang yang naik bisa mencapai 2 kali lipat.

Karena banyak yang suka dan penasaran, jangan heran jika melihat deretan antrean untuk naik wahana ini. Menurut salah seorang turis asal Tanjung Priok, Iyas, dirinya mengaku rela mengantre untuk naik karena ketagihan dengan sensasi dan ketegangan saat naik Halilintar.

Bagaimana tidak, selama 1 menit 45 detik, Anda akan diajak meluncur super cepat, setara dengan 2 kali kecepatan gaya gravitasi. Karena, menurut salah seorang mekaniknya, Arga, jika tidak secepat itu, kereta tidak akan bisa menanjak untuk berputar di trek melingkar tersebut.

"Kecepatannya kan berbeda-beda, karena saat menanjak dan menurun itu saja sudah beda. Tapi kira-kira kecepatannya 2 kali gaya gravitasi," tutur Agra kepada detikTravel.

Dari rentetan 24 bangku yang ada di kereta, kira-kira mana yang paling menegangkan? Nah, dapat bocoran dari petugas penjaga Halilintar yang bernama Divi, kursi paling depan dan paling belakang yang paling menantang.

"Di sana (kursi paling depan dan belakang) paling terasa, coba saja!" katanya.

detikTravel mencoba duduk di bagian paling belakang, karena bagian depannya sedang tidak bisa digunakan. Benar saja, saat melewati trek yang melingkar, sempat sepersekian detik tubuh saya terangkat dari kursi. Teriakan tak bisa terelakkan seiring kereta yang melaju di trek melingkar dan menurun dengan kecepatan tinggi.

Penasaran ingin mencoba? Datang saja langsung ke Dufan. Tapi ada yang harus diperhatikan, mulai tanggal 21 April 2014, wahana Halilintar akan ditutup sementara.

"Akan ada maintenance, pengecekan dan perbaikan secara keseluruhan, persiapan untuk libur sekolah," ujar Arga.

Perbaikan ini rencananya akan berlangsung selama 2 minggu. Jadi jika ingin teriak di Halilintar, pastikan datang sebelum tanggal 21 April atau 2 minggu setelah tanggal tersebut. Selamat mencoba!



(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED