Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Apr 2014 17:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rafting Bambu di Sungai, Cuma di Indonesia!

Johanesrandy
detikTravel
Bamboo rafting yang dikemudikan oleh orang Dayak asli (Maria/d'Traveler)
Loksado - Di Indonesia, sungai seringkali menjadi tempat rafting alias arung jeram. Namun di Sungai Amandit, Kalimantan Selatan, ada yang tidak biasa. Wisatawan Anda bisa rafting dengan bambu. Ekstrem dan cuma di Indonesia!

Jika biasanya kegiatan rafting dilakukan dengan perahu karet, di Loksado Anda dapat melakukan rafting di atas bambu. Cobalah rasakan sensasi rafting berbeda dengan bambu.

Dihimpun oleh detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (24/4/2014) ini berawal dari penggunaan rakit bambu sebagai moda transportasi oleh masyarakat Dayak Meratus. Rakit bambu digunakan untuk mengirim bambu ke kota. Ternyata, kegiatan masyarakat Suku Dayak Meratus tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Bamboo rafting terdiri dari 10-20 batang bambu yang diikat menjadi rakit. Satu rakit bambu sendiri hanya boleh dinaiki oleh 3-4 orang termasuk joki. Lebih dari itu, rakit bambu dapat tenggelam karena kelebihan beban.

Dengan membayar sejumlah Rp 200.000 untuk sekali jalan, Anda bisa mengarungi Sungai Amandit dengan rakit bambu selama 2 jam. Selain merasakan sensasi bamboo rafting di liarnya arus, pemandangan di sekeliling Sungai Amandit yang jernih juga indah dan menarik untuk difoto.

Pemandu rakit bambu yang orang Dayak asli akan membawa wisatawan mengarungi Loksado menuju Desa Tanuhi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan di Kalimantan Selatan.

Dalam perjalanan juga akan dijumpai arus deras dan batu besar, layaknya arung jeram yang sarat adrenalin. Tapi tenang, bambu yang dipergunakan berukuran besar dan aman. Jadi tidak perlu khawatir.

Uniknya, Loksado juga menjadi tempat kediaman dari Suku Dayak Meratus. Jadi selain mencoba bamboo rafting, Anda juga dapat belajar banyak tentang budaya asli Suku Dayak langsung di pinggir sungai.

Bagi Anda yang tertarik dan mau mencoba, perjalanan menuju Loksado dapat ditempuh dengan bus selama 6 jam dari Kota Banjarmasin. Waktu yang tidak sebentar, namun setara dengan kenikmatan mengarungi Sungai Amandit diatas rakit bambu.

Untuk lebih pastinya, tersedia beberapa operator tur yang menyediakan paket wisata arung jeram di Loksado. Salah satunya adalah Safari Nusantara Tour & Travel. Selain bamboo rafting, Anda juga akan diajak melihat Pasar Terapung di Banjarmasin.

Saking terkenalnya, wisata bamboo rafting ini seakan sudah menjadi ciri khas dari Loksado. Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, cobalah untuk menikmati arung jeram di atas bambu bersama teman dan keluarga Anda. Dijamin seru!



(aff/aff)
BERITA TERKAIT