Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Jun 2014 18:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Belalang Goreng, Camilan Paling Maknyus di Gunungkidul

Aneka olahan belalang (Gon Turtle/dtraveler)
Wonosari - Mencicipi kuliner ekstrem tak perlu jauh-jauh ke Thailand, Gunungkidul di DI Yogyakarta juga punya. Kabupaten ini punya kuliner khas yaitu belalang goreng. Berani mencoba?

Tiwul dan gathot biasanya jadi kuliner khas saat melancong ke Gunungkidul. Namun jika ingin yang berbeda, Anda wajib mencicipi belalang goreng.

Ya, serangga yang biasa ditemukan di daerah persawahan ini memang jadi makanan yang biasa dikonsumi oleh penduduk Gunungkidul. Biasanya, belalang digoreng hingga renyah. Setelah itu baru siap dikonsumsi.

Untuk menemukan kuliner unik ini pun tak sulit. Ada banyak kios-kios dadakan yang menjual belalang goreng di sepanjang jalan di Gunungkidul

Harganya pun beragam, tergantung jenis kemasan. Satu toples belalang goreng dikenai harga Rp 12.000. Sedangkan untuk ukuran yang lebih kecil, harganya Rp 6.000/bungkus.

Uniknya, belalang goreng ini memiliki beberapa jenis rasa. Ada rasa original, ada pedas, dan pedas manis. Namun jika baru pertama kali mencoba, sebaiknya pilih yang original saja.

Di belalang goreng rasa original, Anda bisa menemukan rasa belalang sesungguhnya tanpa perasa buatan. Menikmatinya pun semakin menantang.

Kriuk! Renyah, itulah kesan pertama bagi setiap orang yang baru pertama kali mencoba belalang goreng. Gurih langsung mendominasi rasa yang dikeluarkan belalang pada pertama kali gigitan.

Jika dirasakan dan dinikmati, cemilan ini memiliki rasa yang tak jauh berbeda dengan udang. Hanya saja, bentuknya yang tak biasa membuat sedikit orang merasa geli untuk mencicipinya. Jadi, berani mencoba?



(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA