Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Jun 2014 19:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berasa di Afrika, Padahal di Banyuwangi

Afif Farhan
detikTravel
Sadengan, 'Afrika' di Banyuwangi (Afif/detikTravel)
Sadengan, 'Afrika' di Banyuwangi (Afif/detikTravel)
Banyuwangi - Selain Baluran, Sadengan di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi juga pantas disebut sebagai Africa van Java. Inilah padang savana dengan banteng Jawa sampai merak di dalamnya. Foto-foto di sini berasa di Afrika saja!

Tim Adventure dari rombongan Explore Indonesia: Tour Banyuwangi melanjutkan perjalanan dari Kawah Ijen menuju Taman Nasional Alas Purwo, Sabtu (21/6/2014) lalu. Wajah-wajah lelah tampak terlihat karena 20 peserta baru saja mendaki Gunung Ijen yang perjuangannya tak mudah.

Dari Pos Paltidung, tempat parkir kendaraan dan jadi pos pertama pendakian Gunung Ijen, perjalanan ke Taman Nasional Alas Purwo memakan waktu 2 jam lebih lamanya. Banyak peserta yang tidur selama perjalanan, namun langsung melek dan turun dari mobil saat tiba di Taman Nasional Alas Purwo.

Beberapa peserta memotret monyet-monyet yang ada di pinggiran jalan. Pemandu kami Sofyan, menjelaskan kalau monyet-monyet di Taman Nasional Alas Purwo tidaklah jahil.

Setelah itu, perjalanan dari pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo dilanjutkan ke Sadengan. Inilah savana yang suasananya seperti di Afrika.

"Nanti kita lihat padang savana yang luas dan banyak hewan, yang unik itu ada banteng Jawa yang tanduknya kayak huruf 'u' dan burung merak," tutur Sofyan.

Begitu tiba di Sadengan, semua peserta langsung turun dari mobil. Di sana ada tempat untuk melihat padang savana yang dibatasi pagar kayu, serta bangku-bangku panjang dan menara untuk melihat hewan dari kejauhan. Disediakan pula teropong yang bisa dipakai.

"Bagus ya savana di sini, udaranya juga segar," kata salah satu peserta, Koestijo.

Para peserta lantas mengeluarkan kamera dan memotret ke segala penjuru arah. Cuaca yang sedang cerah membuat pencahayaan pada kamera jadi terlihat bagus.

Christoper, peserta ABG menggunakan teropong dan melihat ke segala arah. Siska dan Salbiah terus berdua dan berfoto narsis pake tongsis. Peserta lainnya duduk-duduk di bangku panjang karena mungkin masih kecapean.

Saya yang saat itu ingin mewawancarai beberapa dari mereka, sampai mengurungkan diri. Lebih baik, membiarkan mereka bersantai sambil duduk-duduk dan memotret.

Sayangnya, saat itu hewan-hewan seperti banteng Jawa sampai rusa sedang jauh dari tempat kami. Mereka berada jauh di dalam savana.

Sebab menurut petugas setempat, banteng Jawa dan rusa baru saja diserang oleh anjing hutan pada malam dan pagi hari sebelumnya. Sehingga mereka menjauhi kerumunan manusia juga.

Toh, kami tetap bisa memandangi savana seluas 84 hektar ini dan melihat hewan-hewannya meski berada di kejauhan. Sadengan jadi rekomendasi untuk Anda kalau liburan ke Banyuwangi dengan suasana ala Afrika.

Explore Indonesia: Tour Banyuwangi adalah program liburan detikTravel untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia. Program ini didukung oleh Garuda Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Nah, sebelum menyimak kisah selanjutnya dari Banyuwangi, tonton dulu videonya berikut ini:



(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED