Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Okt 2014 13:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kembaran Patung 'Little Mermaid' di Denmark, Ada di Istana Bogor!

Patung 'The Little Mermaid' di halaman belakang Istana Bogor (Sastri/detikTravel)
Patung 'The Little Mermaid' di halaman belakang Istana Bogor (Sastri/detikTravel)
Bogor - 'The Little Mermaid' di Copenhagen, Denmark adalah salah satu patung paling terkenal di dunia. Siapa sangka, kembaran patung ini ada di halaman belakang Istana Bogor. Ya, turis bisa melihatnya dari dalam Kebun Raya.

'The Little Mermaid' karya seniman Edvard Eriksen merupakan patung tembaga, terletak di Kota Copenhagen dan langsung menghadap laut. Patung ini merupakan adaptasi kisah 'The Little Mermaid' karya Hans Christian Andersen.

Patung yang rampung pada 1913 tersebut menjadi ikon Denmark yang paling banyak difoto wisatawan, lebih dari 5 juta foto tiap tahunnya. Namun siapa sangka, Indonesia juga punya kembaran patung 'The Little Mermaid'.

Ayo kita ke Kebun Raya Bogor akhir pekan ini. Patung 'The Little Mermaid' terletak di bagian belakang Istana Bogor, tepat di batas Kebun Raya Bogor.

detikTravel melihat sendiri patung ini beberapa waktu lalu. Ini adalah kawasan berfoto yang populer bagi turis. Kolam besar tempat patung 'The Little Mermaid' bertengger selalu penuh bunga teratai, Istana Bogor berdiri megah di bagian belakangnya.

Usut punya usut, patung ini merupakan hadiah dari pemerintah Denmark kepada Soekarno, yang dulu pernah mendiami Istana Bogor. Tak hanya 'The Little Mermaid', banyak patung berharga yang tersebar di halaman Istana.

Ada patung Hands of God hadiah pemerintah Swedia, patung Hercules hasil karya pemahat Eropa, juga patung Denok yang terkenal. Namun untuk melihat patung-patung ini, traveler harus izin terlebih dahulu kepada pihak Istana. Untungnya, patung 'The Little Mermaid' bisa dilihat dari dalam Kebun Raya.

Ssst, rupanya Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang punya kembaran patung ini. Sampai sekarang ada 14 patung The Little Mermaid yang tersebar di berbagai belahan dunia. Mulai dari AS, Brasil, Romania, Kanada, juga Spanyol.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED