Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Nov 2014 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wah! Ada Teratai Raksasa dari Amazon di Kebun Raya Bogor

Teratai raksasa di kolam Taman Astrid, Kebun Raya Bogor (Sastri/detikTravel)
Teratai raksasa di kolam Taman Astrid, Kebun Raya Bogor (Sastri/detikTravel)
Bogor - Rafflesia dan bunga bangkai yang jangkung, bukanlah satu-satunya tumbuhan yang menarik perhatian turis di Kebun Raya Bogor. Ada banyak teratai raksasa berdiameter 1,5 meter dari hutan Amazon di kolam Taman Astrid.

Lands Plantentium atau Hortus Botanicus, begitu nama Kebun Raya Bogor saat didirikan tahun 1817. Kebun seluas 87 hektar ini punya lebih dari 3.500 jenis tanaman termasuk yang langka, dilindungi, dan endemik berbagai negara. Teratai raksasa asal Sungai Amazon, Amerika Selatan, adalah salah satunya.

Teratai raksasa ini terdapat di kolam Taman Astrid. detikTravel kebetulan masuk dari Pintu III, yang memang paling dekat dengan taman tersebut. Taman Astrid terkenal sebagai yang paling cantik, paling luas, dan favorit wisatawan. Hamparan rumput hijau terbentang luas di lanskap berkontur, dengan Kafe Dedaunan di bagian paling atas.

Di bagian bawahnya terdapat kolam penuh teratai raksasa. Inilah Victoria amazonica (Poepp.) Sowerby, jenis teratai endemik Sungai Amazon. Diameternya mencapai 1-1,5 meter!

"Tiap teratai bisa menampung bobot sampai 3 kg. Boleh lho, yang mau coba bayinya ditaruh situ," tutur pemandu saat detikTravel naik mobil keliling beberapa waktu lalu.

Jumlah teratai raksasa di kolam tersebut terhitung banyak. Bunga-bunga teratai warna merah muda pun bermekaran, sangat indah. Tak jarang anak-anak kecil penasaran dan memegang teratai itu dari pinggir kolam.

Selain teratai Amazon, Kebun Raya Bogor juga punya koleksi teratai mini dari Irian dan Jawa Barat. Teratai asli Indonesia itu bisa ditemukan pada kolam yang menghadap langsung Istana Bogor. Sebuah kolam penuh teratai, lengkap dengan patung kembaran 'The Little Mermaid' di Denmark.

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED