Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Nov 2014 16:11 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Legenda Puteri Sanggar yang Dibuang Karena Terlalu Cantik

Faela Shafa
detikTravel
Salah satu sisi keindahan Pulau Satonda (Ed'ward Edy /Kab Dompu)
Sanggar - Kadang, kecantikan yang berlebih malah menimbulkan banyak masalah. Seperti legenda seorang puteri di Sanggar yang bernama Dae Minga. Ia dibuang karena menjadi rebutan banyak pangeran.

Malang nasib Dae Minga, puteri cantik dari Kerajaan Sanggar. Legendanya, ia memiliki paras yang cantik dengan wajah yang putih bersih dan rambut hitam panjang. Saking cantiknya, banyak pangeran dari kerajaan tetangga yang jatuh hati.

Karena banyak yang ingin meminangnya, bibit peperangan pun muncul. Tak ingin mengalami peperangan, akhirnya para penduduk dan keluarga kerajaan memutuskan untuk mengasingkan sang puteri di sebuah tempat.

"Banyak yang mengasumsikan tempatnya adalah puncak Gunung Tambora, tapi kami sendiri meyakini Puteri Dae Minga diasingkan atau dibuang di Pulau Satonda," ujar Ayaturrahman, Ketua Pemuda Adat Sanggar yang ditemui detikTravel bersama BPPD NTB beberapa waktu lalu.

Berlanjut ke legenda, menurut Ayaturrahman, sang puteri mengapung di atas sebuah rakit dan dilepas di danau tengah Pulau Satonda. Menurut legenda, sebelum naik rakit, ia memberikan sumpah terakhirnya,

"Tidak ada wanita yang bisa mendapatkan anggun dan cantik dalam satu waktu. Jika ia anggun, maka ia tidak cantik. Jika ia cantik, maka ia tidak anggun"

Sumpah ini ditujukan untuk semua wanita. Agar nasibnya tidak sama dengan sang puteri. Menurut cerita, ia tak ingin ada gadis tak bersalah lagi yang harus dikorbankan seperti dirinya.

Ayat kembali menuturkan bahwa menurut legenda, Pulau Satonda tak boleh dihuni. Karena di sana seakan menjadi tempat tinggal Puteri Dae Minga yang telah tenggelam di tengah danau.

Meski sebenarnya, pulau ini memiliki kecantikan alam yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Ada alam bawah laut yang menggoda, juga pesisir pantai yang cantik.

Saat ini, Pulau Satonda sudah mulai dilirik banyak wisatawan. Terutama yang berlayar menggunakan pesiar atau yacht. Dari Bali atau Lombok, mereka menyempatkan diri untuk berkunjung ke pulau yang penuh dengan legenda ini.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA