Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Des 2014 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Inikah Jalan Raya Paling Tinggi di Dunia?

Khardung La Pass, jalan raya tertinggi di dunia (Randy/detikTravel)
Ladakh -

Bisa menjajaki Puncak Everest adalah impian traveler. Kalau pun tidak bisa, menjajaki Khardung La di Ladakh, India sudah sangat menyenangkan. Tempat ini disebut sebagai jalan raya tertinggi di dunia!

Traveling ke negeri kari India, tidak melulu soal Sungai Gangga dan Taj Mahal. Selain dua tempat tersebut, bagian India di Jammu dan Kashmir pun menarik. Saat detikTravel berkunjung ke Ladakh yang berbatasan dengan Tibet dan Tiongkok beberapa pekan lalu, sempat menuju Khardung La.

Khardung La sendiri merupakan jalan tertinggi yang dapat dilalui kendaraan di dunia. Bukan tanpa alasan, jalan ini terletak di dataran tinggi yang diselimuti salju, dengan ketinggian 5.610 meter di atas permukaan laut. Wow, bukan main!

Jalanan pun menjadi tantangan utama untuk mencapai Khardung La. Jalanan berbatu dan berkelok, serta jurang di sisi kiri dan kanan, menghiasi perjalanan menuju Khardung La. Udara pun sangat dingin, mengingat salju yang ada ketika mencapai ketinggian tertentu.

Hal utama yang perlu dipersiapkan adalah kesiapan mental dan kondisi kendaraan yang sehat, naik motor atau mobil tidak masalah. Namun satu yang perlu diingat, tidak ada pom bensin di sepanjang jalan menuju Khardung La. Cadangan bensin pun perlu dibawa untuk jaga-jaga.

Untuk mencapai Khardung La, Leh di Ladakh menjadi starting point. Khardung La sendiri terletak sekitar 39 Km dari Leh. Dibutuhkan setidaknya lima jam perjalanan darat dari untuk menuju Khardung La dengan kendaraan.

Tapi perlu diingat, Anda perlu untuk melakukan aklimatisasi dahulu selama dua hari di Leh. Alasannya, tubuh perlu untuk menyesuaikan suhu terlebih dulu agar tidak kaget. Apabila tanpa aklimatisasi, ada kemungkinan badan tidak siap, bahkan berakibat hingga kematian!

Selain menantang, berkendara menuju Khardung La akan memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri. Selain bukti karena telah mencapai jalan tertinggi yang dapat dilalui kendaraan di Dunia, juga menjadi kepuasan batin yang tidak terhingga.

Rasa puas pun makin menjadi-jadi, khususnya saat berjalan dan memegang salju secara langsung di Khardung La. Tangan memang menggigil dan mati rasa, tapi sepadan.

Apabila Anda melanjutkan perjalanan, Anda akan menuju ke Nubra Valley dan Shyok. Adakah dari Anda yang ingin touring ke Khardung La hingga Nubra Valley?

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya