Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Feb 2015 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun Lembah Bongok, Si Cantik yang Tersembunyi di Tuban

detikTravel
Air Terjun Lembah Bongkok yang banyak belum orang tahu (Dion/detikTravel)
Tuban - Bagi traveler yang akhir pekan ini ke Jawa Timur dan lewat Tuban, datangilah air terjun Lembah Bongkok. Suasananya sangat segar, sebab masih alami dan belum banyak diketahui orang. Pemandangannya juga cantik.

Kabupaten Tuban lebih dikenal masyarakat sebagai daerah tujuan wisata religi. Bahkan keberadaan sejumlah makam ulama besar penyebar agama Islam, membuat Tuban diberi julukan 'Bumi Wali'.

Namun siapa yang tahu, kota di sisi barat Provinsi Jawa Timur, itu ternyata menyimpan banyak potensi wisata alam. Salah satunya adalah Air Terjun Lembah Bongok di Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Lembah Bongok berada di tengah hutan jati di wilayah perbukitan kapur. Lokasinya sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Belum banyak yang mengetahuinya, terlebih masyarakat Tuban sendiri.

"Air Terjun Lembah Bongok itu di mana mas bro," tanya seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Tuban, Andri, kepada detikTravel Kamis (19/2/2015).

Andri mengaku takjub dengan keindahan Air Terjun Lembah Bongkok yang dilihatnya melalui sebuah foto. Dia tak menyangka kota kelahirannya menyimpan potensi wisata alam yang indah.

Benar saja, saat detikTravel mengunjungi Lembah Bongok, akses jalan menuju lokasi hanya bisa dilalui kendaraan roda 2. Hal ini dikarenakan jalan masuk dari desa menuju lokasi sepanjang 2 kilometer belum diaspal dan masih jalan tanah.

Pengunjung yang terlanjur membawa mobil bisa memarkir kendaraannya di ujung jalan beraspal, lalu berjalan kaki. Sedikit jauh memang, tapi rute perjalanan tersebut cocok bagi anda pecinta wisata alam.

"Kalau hujan begini agak licin, terlebih saat jalan turun harus hati-hati. Motor juga nggak bisa sampai lokasi, karena sangat licin, harus diparkir agak jauh," kata salah seorang pengunjung, Lukman Hakim.

Namun sesampainya di Air Terjun Lembah Bongok, rasa lelah sepanjang perjalanan akan hilang. Indahnya alam sekitar membuat perasaan menjadi sangat tenang. Belum lagi suara burung dan monyet liar membuat refreshing terasa sempurna.

"Rekreasi murah, nggak ada tiket masuk. Parkir sepeda juga aman. Cuma sayang kurang terawat, karena mungkin nggak dikelola pemerintah," ungkap Lukman.

Terdapat 2 air terjun indah yang menghiasi tebing batu Lembah Bongok. Pengunjung bisa menikmati sensasi mandi di bawah aliran air terjun. Tak jarang pengunjung juga memanjat tebing untuk berfoto di atas aliran air. Sungguh menyenangkan!

"Rasa capek gowes dari Tuban kesini rasanya hilang. Airnya dingin," ujar pengunjung lain, Arif Wibowo (30), asal Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Masyarakat berharap, potensi keindahan alam Lembah Bongok tidak dibiarkan rusak begitu saja. Lokasi wisata ini diyakini akan menyedot banyak pengunjung, bila dikelola secara profesional.

(aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA