Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Apr 2015 17:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Madu Putih, Oleh-oleh Khas Sumbawa

Kurnia Yustiana
detikTravel
Tiga botol madu putih khas Sumbawa (Kurnia/detikTravel)
Tiga botol madu putih khas Sumbawa (Kurnia/detikTravel)
Mataram - Selain susu kuda liar, Sumbawa di NTB juga dikenal sebagai penghasil madu putih. Madu putih tak hanya dijual di Sumbawa saja. Beberapa toko oleh-oleh di Mataram juga ada yang menjual madu ini.

Berbeda dengan madu kebanyakan, Sumbawa punya madu khas yang berwarna putih. Madu putih menjadi salah satu buah tangan yang banyak dicari wisatawan yang berlibur ke Sumbawa dan Lombok. Madu putih ini memang diyakini berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

"Khasiatnya buat tulang bagus. Buat kesehatan bagus itu," ujar Ainun, pemilik Toko Oleh-oleh Ria kepada detikTravel di Mataram, NTB, Minggu (12/4/2015) kemarin.

Ainun mengatakan bahwa madu putih yang ia jual di tokonya didatangkan langsung dari Sumbawa. Banyak pembeli yang mencari madu tersebut untuk kesehatan. Wanita berkerudung ini juga menyediakan tester madu putih bagi para pembeli yang ingin mencicipi rasanya.

BACA JUGA: Mau Belanja Suvenir di Lombok, Datangi Pasar Seni Senggigi

Saya pun mengambil sendok dan mencicipi sedikit madu putih tersebut. Warnanya terlihat seperti susu kental manis, kekentalannya berbeda dengan madu kebanyakan, rasanya juga tidak terlalu manis. Ainun kemudian menyebutkan bahwa madu putih ini dihasilkan dari lebah yang hidup di dekat sarang burung walet.

"Madu putih itu dari lebah yang diternak dekat sarang burung walet. Kalau pembuatannya sama saja kayak madu-madu biasa," kata Ainun.

Bagi traveler yang berminat membeli madu putih, harga jualnya Rp 75 ribu untuk satu botol yang berisi sekitar 450 ml madu. Jika akan dibawa keluar kota, petugas toko akan membungkus botol sedemikian rupa agar tidak mudah pecah.

Selain madu putih, toko oleh-oleh milik Ainun juga menjual madu jenis lain, seperti madu hutan Sumbawa dan madu hitam rempah Lombok. Harga jualnya pun beragam, tergantung jenis madunya. Jika belanja banyak, Anda bisa mendapat diskon lho!

(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Mural di Kanada Keren Banget!

Senin, 26 Agu 2019 06:56 WIB

Lupakanlah grafiti yang asal-asalan, sekarang zamannya mural yang keren menghias kota. Di Quebec, Kanada mural bisa jadi keren banget.