Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jun 2015 14:56 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Desa Penghasil Kerajinan Kulit Kayu di Sentani, Papua

Kerajinan berupa lukisan kulit kayu di Desa Asei, Papua (Randy/detikTravel)
Kerajinan berupa lukisan kulit kayu di Desa Asei, Papua (Randy/detikTravel)
Sentani - Perhelatan Festival Danau Sentani 2015 tidak hanya menjadi ajang unjuk kebolehan suku adat, namun juga budaya kreatif penduduk sekitar. Salah satu di antaranya adalah Desa Asei yang terkenal sebagai penghasil kerajinan dari kulit kayu.

Dalam rangkaian Festival Danau Sentani yang diselenggarakan dari 19-23 Juni 2015, detikTravel bersama rombongan menteri dan rekan media singgah ke Desa Asei yang berada di Danau Sentani.

Tiba dengan menggunakan perahu, detikTravel dan rombongan pun dibuat kagum akan seni kulit kayu yang menjadi kekhasan dari Desa Asei. Usai disambut dengan tari-tarian, rombongan pun diajak berkeliling desa yang bersahaja tersebut.

Tidak jauh dari dermaga, tampak mama-mama setempat yang menjajakan kerajinan kulit kayu kepada wisatawan yang datang. Kerajinan kulit kayu pun bervariasi dari lukisan, tas kulit kayu, penutup kepala, aksesori, dan banyak lainnya.

"Bikin lukisan kulit kayu ini waktunya seminggu. Kayu diambil langsung dari hutan, dipadatkan, lalu dilukis tangan,' ujar salah satu mama penjual kerajinan kulit kayu bernama Delila saat dihampiri detikTravel, Sabtu (20/6/2015)

Walau terdapat banyak suku di sekitaran Danau Sentani, namun mereka sepakat kalau hanya Desa Asei yang memiliki hak untuk membuat kerajinan kulit kayu. Hal tersebut dimaksudkan agar setiap desa memiliki kekhasan masing-masing untuk dijual sebagai sumber pendapatan.

"Lukisan Kulit kayu dijual dari harga Rp 50.000 hingga Rp 500.000," ujar Delila

Harganya memang tidak murah, namun sesuai dengan tigkat kesulitan pembuatan dan lamanya waktu yang dibutuhkan. Lagipula jika Anda membeli kerajinanya, berarti turut menyumbang untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup masyarakat Desa Asei.

Apabila Anda tengah traveling ke Papua dan tengah singgah ke Desa Asei atau sekitarnya, pastikan untuk membeli kerajinan dari kulit kayu dan banyak variasi lainnya.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Pemandian Terpencil Cleopatra

Senin, 15 Jul 2019 22:20 WIB

Mesir tak cuma piramida dan gurun. Terpencil di Gurun Sahara, ada sebuah kota dengan pemandian Cleopatra. Meski di antara gurun, pemandian ini malah eksotis.