Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Agu 2015 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bekasi Punya Masjid Megah dari Abad ke-19

Masjid Agung Al-Barkah di Jalan Veteran, Bekasi (Sastri/detikTravel)
Bekasi - Siapa bilang Bekasi tak punya bangunan religi yang bersejarah? Masjid Agung Al Barkah adalah masjid termegah dan bersejarah di Bekasi. Bangunan aslinya berasal dari tahun 1890, mengadopsi arsitektur Arab.

Jika Anda tinggal atau berwisata ke Kota Bekasi, cobalah bertolak ke Jalan Veteran di sekitar kawasan alun-alun. Anda akan melihat sebuah masjid besar dengan dua menara menjulang tinggi. Inilah Masjid Agung Al Barkah, yang jadi kebanggaan warga Bekasi.

Betapa tidak, bangunan asli masjid ini berasal dari tahun 1890. Tak heran, Masjid Agung Al Barkah menjadi salah satu masjid tua di Indonesia. Masjid ini kemudian mengalami beberapa renovasi, dengan perombakan total dari tahun 2004-2008.

Saat detikTravel datang, Rabu (5/8/2015) banyak kendaraan baik mobil dan motor yang parkir di area masjid. Lokasi masjid ini memang sangat dekat dengan alun-alun, RSUD Kota Bekasi, juga Polres Kota Bekasi.

Arsitektur asli Masjid Agung Al Barkah mencirikan khas Arab. Meski sudah direnovasi, ciri khas arsitektur Arab masih tampak jelas. Delapan buah daun pintu di masjid ini terbuat dari kayu jati, lengkap dengan kaligrafi, yang didatangkan langsung dari Jepara.

Bagian dalamnya sungguh luas dan megah, dengan langit-langit menjulang tinggi. Kubahnya memiliki diameter 18 meter. Di bagian bawah kubah terdapat kaligrafi 99 nama Allah (Asmaul Husna).

Dari luar, arsitektur Masjid Agung Al-Barkah juga tak kalah indah. Masjid ini juga punya 4 menara yang masing-masing menjulang setinggi 35 meter. Warna hijau dan kuning mendominasi, dengan kubah berwarna biru mosaik.

Bagi Anda warga Bekasi atau traveler yang kebetulan singgah di kota ini, tak ada salahnya mampir ke Masjid Agung Al-Barkah. Salat di dalamnya terasa sangat sejuk dan khusyu!

(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA