Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Agu 2015 11:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Festival Bunga Kelas Dunia di Tomohon

Tournament of Flowers di Tomohon International Flower Festival 2015 (Shafa/detikTravel)
Tournament of Flowers di Tomohon International Flower Festival 2015 (Shafa/detikTravel)
Tomohon - Kota Tomohon di Sulawesi Utara menjadi tuan rumah festival bunga kelas dunia, yakni Tomohon International Flower Festival. Digelar sejak 2008, festival warna-warni ini menjadi incaran banyak turis baik domestik maupun mancanegara.

Meski tergolong mungil, Kota Tomohon rupanya cukup tenar di kalangan turis. Ini karena sejak 2008, kota di Sulawesi Utara tersebut menjadi tempat digelarnya festival bunga kelas dunia yakni Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Pada awalnya, festival ini digelar 2 tahun sekali yaitu 2008, 2010, 2012, dan 2014. Namun mulai tahun ini, pemerintah mencanangkan TIFF sebagai agenda tahunan yang bisa dinikmati wisatawan. detikTravel datang ke festival ini awal Agustus 2015 kemarin.

Ada tiga agenda utama dalam festival ini yaitu Tournament of Flowers, Kontes Ratu Bunga, dan Pameran Bunga/Holtikultura. Saat resmi dibuka pada Sabtu (8/8) lalu, TIFF tahun ini diikuti kontestan dari berbagai negara.

Tema yang diusung pada TIFF tahun ini adalah 'Let's Join Flowers Extravaganza', dimulai oleh penampilan Tari Maengket oleh siswa-siswi sekolah setempat. Acara yang paling ditunggu, tentu saja adalah Tournament of Flowers alias pawai bunga.

Ada lebih dari 30 kendaraan dihias bunga dengan indah. 10 Kendaraan di antaranya berasal dari negara tetangga, mulai dari Prancis sampai Filipina. Tak sedikit turis yang berderet sepanjang jalan untuk melihat dan memotret kendaraan berhias bunga yang menarik perhatian tersebut.

Agenda yang tak kalah seru adalah Kontes Ratu Bunga. Kontes bertaraf nasional ini diikuti putri dari berbagai provinsi di Indonesia, yang memiliki bakat dan kemampuan serta rasa cinta akan bunga. Finalis Kontes Ratu Bunga 2015 lalu berasal dari berbagai daerah antara lain Denpasar, Ambon, Gorontalo, Manado, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Sitaro, Kota Manado dan tentunya Kota Tomohon.

BACA JUGA: Puteri-puteri Cantik Jelita di Festival Bunga Tomohon

TIFF biasa digelar bulan Agustus tiap tahunnya. Jangan sampai ketinggalan, siapkan itinerary dari sekarang!

(sst/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA