Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 29 Okt 2015 13:56 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tur Malam Hari di Kota Tua Jakarta, Berani?

Museum Fatahillah, Kota Tua Jakarta (Titry Frilyani/d'Traveler)
Jakarta - Berwisata di Jakarta baru lengkap kalau berkunjung ke Kota Tua. Kalau mau yang beda, coba ikut tur malam hari. Turis akan dibawa ke tempat bersejarah sekaligus dianggap angker!

Kawasan Kota Tua jadi salah satu destinasi wajib di Jakarta. Berkeliling kawasan ini seperti tak ada habisnya, apalagi ada banyak museum yang bisa dimasuki. Dari Fatahillah, Museum Keramik, sampai Museum Wayang.

Tapi, beda lagi sensasinya kalau Anda berkeliling Kota Tua Jakarta saat malam. Mulai matahari terbenam, kawasan ini seakan 'disulap' menjadi penuh lampu dan para pedagang asongan. Menjelajah Kota Tua saat malam tentu lebih mendebarkan, karena banyak bangunan peninggalan Belanda yang konon berhantu!

Salah satu tur Kota Tua yang diadakan malam hari digagas oleh Komunitas Historia. Lewat situsnya yakni Heritage Trails, yang dikutip detikTravel, Kamis (29/10/2015), traveler bisa booking tur dengan minimal 10 orang peserta.

Wisata Malam Kota Tua Jakarta, begitu nama turnya, dimulai pukul 19.00 WIB dengan Alun-alun Fatahillah sebagai start point. Anda akan dibawa berjalan kaki menyusuri Taman Fatahillah, Groote Kanaal, Jembatan Kota Intan, Terminal Kota Tua, juga Gedung Cipta Niaga.

Kalau ingin lebih seru, Anda bisa ikut tur sepeda dengan biaya rental Rp 125.000 untuk 4 jam pemakaian. Tur sepeda ini akan membawa Anda menyusuri Pelabuhan Sunda Kelapa, Menara Syahbandar, Museum Maritim, Pasar Ikan, serta gudang kayu peninggalan VOC.

Tur akan berakhir pukul 23.00 WIB, kembali ke Taman Fatahillah. Selama tur berlangsung, akan ada pemandu berbahasa Indonesia yang menjelaskan satu per satu bangunan dan tempat bersejarah di Kota Tua. Pemandu juga akan menjelaskan beragam kejadian dan keunikan di tempat-tempat tersebut.

Harga tur per orang yakni Rp 225.000 termasuk pin, handout, tiket masuk ke beberapa tempat wisata, juga kaus. Yuk, ajak teman-teman menyusuri sejarah Kota Tua yang berbeda saat malam!

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA