Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Nov 2015 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Sombori, Raja Ampat dari Sulteng

Johanes Randy
detikTravel
Gerbang menuju Sombori di Morowali (Randy/detikTravel)
Gerbang menuju Sombori di Morowali (Randy/detikTravel)
Morowali - Perlahan tapi pasti, nama Kawasan Sombori di Sulteng akan semakin dikenal ke depannya. Kawasan yang disebut mirip dengan Raja Ampat di Papua itu memang punya segudang potensi wisata yang bisa dieksplore.

Pekan lalu, detikTravel berkesempatan untuk mampir ke Morowali di Sulteng. Selain untuk melihat langsung keindahan Sombori, detikTravel juga sempat hadir dalam Festival Bajo Pasakayyang 2015 yang diselenggarakan di Pulau Kaleroang. Salah satu titik menuju Sombori.

Sebelumnya, Sombori merupakan nama dari sebuah pulau yang berada tepat di sisi kiri gerbang masuk kawasan. Namun secara keseluruhan, pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Morowali menyebutnya sebagai Kawasan Konservasi Perairan.

"Sombori adalah Kawasan Konservasi Perairan Morowali," ujar Sekretaris dari Dinas Kelautan dan Perikanan Morowali, Nazaruddin atau yang akrab disapa Haji Lalung saat diwawancarai detikTravel di Sombori, Rabu (25/11/2015)


Pemandangan ala Raja Ampat (Randy/detikTravel)

Tidak hanya mirip dengan Raja Ampat secara tampilan, Sombori juga memiliki kekayaan bahari yang begitu kaya dan perlu dilindungi. Menyadari hal tersebut, Sombori telah dibagi menjadi beberapa zona yang dijaga oleh para petugas konservasi.

Sebelum semakin populer, tentunya Sombori perlu untuk dijaga dan dilindungi secara hukum. Walau belum seperti Raja Ampat yang mewajibkan traveler untuk mendaftar saat datang berkunjung, traveler pun disarakankan untuk traveling ke Sombori dengan didampingi oleh petugas konservasi.

"Para pengunjung, khususnya untuk kegiatan wisata bahari dan demi keamanan di wilayah ini, sebaiknya perlu didampingi oleh petugas konservasi yang ada," tutur Nazaruddin.

Sedangkan untuk soal potensi tempat wisata, Sombori memiliki aquarium point di Pulau Dua, Gua Berlian yang baru ditemukan, Pantai Koko yang masih perawan, serta berbagai keindahan lainnya yang belum dijelajahi.


Pulau Koko yang masih perawan (Randy/detikTravel)

Di beberapa bagian Kawasan Sombori juga menjadi tempat tinggal dari para pengembara laut, Suku Bajo. Selain dapat menikmati keindahan alam Sombori, traveler juga bisa belajar banyak tentang kisah dan budaya dari Suku Bajo yang hidup di laut.

Perlu diingat, kalau belum ada listrik dan sinyal di Sombori. Bagi Anda traveler yang ingin menenangkan diri dan haus akan petualangan, Sombori di Sulteng bisa menjadi rekomendasi tempat wisata terbaik.

Cara ke sana:

Sombori terletak di perbatasan antara Sultra dan Sulteng. Akses terdekat adalah melalui Kendari, dilanjutkan dengan enam jam perjalanan menuju Dermaga Lafeu di Sulteng. Kemudian lanjut dengan menggunakan kapal menuju Sombori dengan waktu sekitar tiga jam.


Pemandangan bukit batu Sombori di sore hari (Randy/detikTravel)

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA