Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Des 2015 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Asal Muasal Nama Pantai Kutang di Lamongan

Eko Sudjarwo
detikTravel
Pantai Kutang di Lamongan (Eko/detikTravel)
Lamongan -

Pantai Kutang. Mendengar namanya saja sudah aneh. Pantai yang masih jarang didatangi wisatawan ini memiliki asal muasal tentang namanya yang unik.

Bagi masyarakat Jawa, menyebut atau bahkan mendengar kata kutang tentu sesuatu yang saru. Pasalnya, kutang dalam bahasa Jawa artinya adalah pakaian dalam wanita.

Namun, apabila anda mendengar nama ini, tentu Anda akan lebih penasaran lagi. Bagaimana tidak, sebuah pantai di Lamongan dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Pantai Kutang.

Mengapa pantai ini dinamakan pantai Kutang? Karena pada awalnya di sepanjang pantai ini warga selalu menemukan bra atau yang dalam bahasa jawa disebut Kutang berserakan di pantai ini.

Dari berserakannya pakaian dalam wanita di pantai inilah akhirnya nama pantai di pesisir Lamongan ini menjadi dikenal oleh warga dengan sebutan Pantai Kutang. ‎Hal inilah yang membuat beberapa wisatawan rela datang jauh demi rasa penasaran.

Sebut saja Dani yang mengaku rela bersepeda motor selama 2 jam. Ia mulai perjalanan dari Kota Lamongan ke Desa Labuhan di Kecamatan Brondong ini hanya untuk memenuhi hasrat penasarannya.

Dani mengaku, awalnya dia memang penasaran dengan nama pantai ini. Namun setelah berada di pantai Kutang, Dani mengaku betah karena rimbunnya mangrove dan putihnya pasir pantai Kutang.

"Awalnya penasaran dan akhirnya jadi betah di sini," aku Dani.

Memang, rindangnya tanaman mangrove menjadikan tempat ini sangat cocok digunakan untuk menikmati suasana pantai yang biasanya panas. Tertarik ke sana?

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA