Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Des 2015 15:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Taman Galaxy, Tempat Wisata Gratis di Jember

Yakub Mulyono
detikTravel
Pepohonan hijau di Taman Galaxy (Yakub/detikTravel)
Jember - Pada libur panjang akhir tahun 2015 ini, sejumlah tempat wisata di Jember ramai oleh wisatawan. Salah satunya adalah Taman Galaxy yang berada di Desa Tempurejo, Kecamatan Tempurejo. Ada taman dan kebun binatang mini yang gratis.

Bagi pengunjung yang datang naik motor atau mobil, mereka cukup merogoh kocek Rp 500 hingga Rp 1.000 untuk biaya parkir. Rp 500 Untuk motor dan Rp 1.000 untuk mobil.

"Tempatnya di sini masih alami. Saya suka dengan desain tamannya. Liburan ini saya bersama keluarga. Masuknya juga gratis dan hanya membayar parkir motor saja," kata salah seorang pengunjung, Bambang, Jumat (25/12/2015) kepada detikTravel.

Rata-rata pengunjung yang datang merupakan warga kalangan menengah ke bawah dari wilayah pedesaan di kecamatan sekitar maupun dari luar Kabupaten Jember.

Setelah berhasil masuk, pengunjung bisa memilih hiburan yang diinginkan. Galaxy merupakan wisata berbentuk taman dengan hiburan campuran. Bukan hanya sebuah taman rumput dan pohon rindang dengan desain daunnya nan unik, namun juga ada kebun binatang minimalis. Pengunjung bisa melihat buaya, kasuari, rusa, kancil, ular, elang, burung hantu, bangau, merak dan beberapa jenis primata.


Pengunjung meloihat salah satu kandang burung (Yakub/detikTravel)

"Setiap ke sini, saya melihat desain tamannya. Mungkin bisa saya praktikkan di rumah. Anak-anak lebih suka melihat binatangnya. Jarang ada wisata seperti ini di Jember," kata warga Desa Tanjungrejo Kecamatan Wuluhan ini.

Dari pantauan detikTravel, jumlah pengunjung pada hari kerja di Galaxy setiap harinya sekitar 100-200 orang, sejak dibuka pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Jumlah pengunjung itu melonjak tajam ketika hari libur. Rata - rata jumlahnya bisa mencapai tiga kali lipat dibanding hari biasa. Hal itu dibuktikan dengan jumlah pengunjung yang selalu membeludak dan tak kunjung surut hingga petang.

Pada malam hari, kebun binatang ditutup untuk umum. Pengunjung hanya diperbolehkan duduk di taman, menikmati kuliner di cafe Galaxy atau berbelanja di Supermarket Galaxy.

Khusus hari Jumat, tempat wisata yang seluruh karyawannya merupakan santri Pondok Pesantren (Ponpes) ini menerapkan tutup tengah hari, yakni mulai pukul 10.00 WIB hingga dibuka lagi pukul 13.00 WIB.

Selain Galaxy, di Jember banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Berdasarkan data, Jember memiliki beberapa tempat wisata bahari, seperti Pantai Papuma (Pasir Putih Malikan), Pantai Watu Ulo di Kecamatan Ambulu dan Pantai Pancer di Kecamatan Puger.

Pengunjung juga bisa mengunjungi air terjun Tancak di Kecamatan Panti dan juga masih ada sekitar belasan wisata kolam renang bernuansa asri.

Untuk bisa menikmati tempat wisata itu, tentunya pengunjung harus menyiapkan biaya masuknya. Tarifnya bervariasi, tapi masih terbilang murah. Rata - rata tarif masuk sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per pengunjung.

Melihat dari tarif itu, pilihan pun diserahkan calon pengunjung. Pilih wisata bahari yang asyik, wisata kolam renang asri yang tenang, atau wisata super murah yang unik, seperti di Taman Galaxy.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA