Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Feb 2016 10:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Citarasa Jawa di Tanah Papua Barat

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Kurnia Yustiana/detikTravel
Foto: Kurnia Yustiana/detikTravel
Sorong - Liburan ke Sorong, traveler tak hanya bisa menemukan makanan daerah setempat. Di sana, ada banyak juga penjual makanan khas Jawa.

detikTravel berkunjung ke Kota Sorong, Papua Barat beberapa waktu lalu. Saya kira, akan banyak sekali tempat makan yang menjual papeda atau makanan khas Papua lainnya di sekitar kota. Tapi ternyata, tak sedikit tempat bersantap yang menawarkan masakan Jawa.

Salah satu tempat yang saya kunjungi untuk bersantap pada suatu siang adalah Rumah Makan Pati di sekitar pusat Kota Sorong. Rumah makan itu menjual nasi gandul khas Pati serta nasi ayam. Saya pun memesan nasi gandul.


(Kurnia/detikTravel)

Satu porsi nasi gandul disajikan dengan piring yang dilapisi daun pisang. Isinya terdiri dari nasi putih, potongan daging, sambal, serta kuah yang hangat-hangat segar. Ketika dicoba, rasanya pun sama dengan sepiring nasi gandul yang dijual di Jawa Tengah.

Rupanya, pemilik rumah makan ini memang asli dari pati. Beberapa pengunjung yang datang juga terdengar berbincang dengan bahasa Jawa. Bersantap di rumah makan ini, rasanya pun benar-benar seperti sedang di tanah Jawa, padahal saya sedang Sorong.


Suasana di dalam Rumah Makan Nasi Gandul (Kurnia/detikTravel)

Selain ada Rumah Makan Pati, selepas sore terlihat beberapa warung di pinggir jalan yang menjual ayam penyet Lamongan, soto, serta pecel lele. Pembelinya pun tak sedikit. Tampaknya memang cukup banyak masyarakat pendatang dari Jawa yang merantau hingga Sorong.

Traveler dari luar Jawa yang liburan ke Sorong pun bisa sekaligus mencicipi masakan khas Jawa. Untuk traveler dari Jawa yang main ke Sorong juga rasanya tak akan homesick karena kangen masakan di rumah.

Tinggal datang saja ke berbagai rumah makan Jawa di sini untuk pengobat kangen. Tapi jangan lupa cicipi masakan daerah setempat yang pastinya bisa bikin goyang lidah! (sst/sst)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kebun Binatang Mini ala Ancol

Senin, 23 Okt 2017 09:30 WIB

Selain wahana permainan, Ancol juga punya wisata edukasi tentang binatang. Berada di Faunaland, kamu bisa belajar tentang hewan-hewan langka dunia.