Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Feb 2016 17:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan di Alor, Harus Coba Kue Rambut yang Unik

Foto: Kue rambut (Kurnia/detikTravel)
Alor - Selain jagung titi dan kenari, ada lagi camilan khas Alor di Nusa Tenggara Timur lainnya yang enak, gurih dan bentuknya unik. Namanya kue rambut.

Kue rambut merupakan makanan khas Flores dan Alor, NTT yang bentuknya agak berbeda dari kue kebanyakan. Sesuai dengan namanya, kue ini tampak seperti gumpalan rambut yang berbentuk segitiga.

Camilan tersebut kebanyakan berwarna kecoklatan, tapi ada juga yang tampak oranye. Kue rambut dibuat dari campuran berbagai bahan, seperti tepung beras, gula aren, santan, serta garam.

Supaya bentuknya menyerupai rambut, warga setempat biasanya menggunakan kaleng yang dasarnya dilubangi. Menggorengnya juga menggunakan minyak goreng yang banyak dan panas.


(Kurnia/detikTravel)

detikTravel mencicipi kue rambut saat bertandang ke Kalabahi, Alor beberapa pekan lalu. Kue ini begitu renyah dan rasanya agak manis. Cocok sekali untuk teman minum teh atau kopi. Kue yang bentuknya unik itu juga enak untuk camilan dalam perjalanan keliling Alor.

Kalau traveler ingin membeli banyak kue rambut untuk oleh-oleh, bisa datang ke Pasar Kadelang yang letaknya di Kalabahi. Banyak mama-mama yang menjual kue rambut, yang diletakkan dalam wadah plastik besar. Harganya sekitar Rp 5 ribu untuk 4 kue. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA