Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Mar 2016 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sebelum Pulang Wisata Gerhana dari Ternate, Borong Oleh-oleh Dulu

Foto: (Fitraya/detikTravel)
Ternate - Usai momen Gerhana Matahari Total di Ternate, wisatawan berangsur pulang. Namun sebelum itu, ayo beli dulu suvenir dan oleh-oleh yang khas.

DetikTravel pada Rabu (9/3) malam mendatangi 2 tempat penjualan suvenir dan oleh-oleh. Jika wisatawan gerhana mencari barang bertema gerhana, datanglah ke Tourism Expo di Gedung Dhuafa Center, sebelah Masjid Al Munawar.

Di sana ada T Shirt Solar Eclipse, kerajinan tangan, makanan ringan tradisional seperti olahan kacang kenari dan abon ikan. Namun, pameran ini berakhir Kamis (10/3/2016) jadi sudah sebentar lagi.

(Fitraya/detikTravel)


Tapi jangan bingung, ada tempat permanen penjualan oleh-oleh khas Ternate. Tempat itu adalah toko Tara No Ate di Jl Sultan Djabir Syah, tidak jauh juga dari Dhuafa Center.

Suvenirnya tentu bersifat umum, bukan bertema gerhana. Tapi bicara soal jenis barang dan makanan, di sini cukup beragam.

Ada kue bagea dan makron dari kacang atau kenari. Kacang dan kenari juga dijadikan aneka camilan lain. Kenari yang tidak dicampur juga ada, tapi lebih mahal.

Ada juga beberapa variasi kue sagu. Ada aneka ikan asap, abon ikan atau suir daging ikan. Semua ini beraneka rasa.

Jangan lewatkan manisan pala dan minuman buah pala. Ada juga Guraka, wedang rempah khas Ternate serta versi yang dicampur dengan kopi menjadi kopi rempah.

(Fitraya/detikTravel)


Kalau suka aneka bumbu rempah juga ada, pun demikian dengan aneka sambal. Harga makanan ini bervariasi sesuai ukuran mulai dari Rp 9.000-Rp 30.000.

Jika yang dicari adalah barang, Tara No Ate punya T Shirt bertema Ternate. Barang pajangan juga beragam, dari miniatur kapal, alat musik tradisional, sampai pajangan kulit kerang.

Bagi penggemar batu akik, ada aneka pilihan cincin batu Bacan. Serta ada juga aksesoris gelang dan kalung bertahan besi putih. Lengkap deh, wisatawan pun tidak pulang dari Ternate dengan tangan hampa. (fay/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA