Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Apr 2016 17:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jalan Menantang ke Surga Banyuwangi, Wedi Ireng

Ardian Fanani
detikTravel
Foto: Ardian Fanani
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Tak hanya menikmati keindahan Pantai Wedi Ireng dan underwaternya, menuju pantai yang berbetnuk huruf 'W' yang dikurung bebukitan ini, menjadi wisata adventure tersendiri. Jalan ke sana menantang!

Lokasi pantai ini sangat tersembunyi. Terlindung dengan kebatnya hutan dan bebatuan terjal. Untuk menuju surga baru pantai Banyuwangi ini, harus penuh perjuangan.

Perjalanan melalui darat menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan. Jalan terjal dan berbatu serta naik dan turun bukit harus dilalui. Terlebih saat ini musim hujan, jalan dipastikan akan becek dan licin.

Jika melalui jalan darat, ke Pantai Wedi Ireng, harus melalui muara Pancer. Wisatawan bisa menyewa perahu untuk menyebrang muara itu dengan biaya Rp 5 ribu. Selanjutnya, wisatawan akan menaiki bukit yang banyak ditumbuhi pohon pisang. Baru kemudian, jalanan terjal menuruni bukit. Jalan setapak ini masih ditumbuhi tanaman liar berduri. Perlu kewaspadaan dalam menuruni bukit ini.

"Jaraknya hanya 1 kilometer tapi jalan yang terjal dan naik turun bukit bisa sampai 1 jam lebih. Ini khusus buat yyang kuat jalan dan suka hiking," ujar Budi, salah satu wisatawan dari Banyuwangi, kepada detikcom, Rabu (6/4/2016).

Saat ini ada beberapa penggila kendaraan motor cross yang sudah membuat jalan khusus untuk kendaraan segala medan ini. Jalur yang ditempuh sekitar 5 kilometer. M,edannya juga cukup menantang untuk penghobi kendaraan ini. Sayangnya hanya kendaraan roda dua yang bisa melalui jaalur ini. Untuk kendaraan roda empat hanya bisa berhenti di parkiran Pantai Mustika.

"Untuk yang suka Cross, ada medan yang menantang. Kita sediakan pula jalan menuju pantai ini. Hanya jalan setapak dan kita sengaja agar tak terlalu banyak yang datang ke sini," ujar Sutopo, Ketua Pokmas Wisata Wedi Ireng kepada detiktravel, Rabu (6/4/2016).

Namun jangan khawatir, bagi yang tak ingin susah-susah mendaki dan menuruni bukit. Ataupun yang tak memiliki kendaraan motor cross. Menuju pantai Wedi Ireng ini, bisa juga menggunakan perahu milik para nelayan di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. 'Ojek Perahu' demikian wisatawan menyebutnya. Dengan ongkos Rp 50 ribu, wisatawan bisa antar jemput dengan menggunakan perahu kecil. Namun bila hanya untuk mengantar atau menjemput di Pantai Wedi Ireng, nelayan hanya mematok harga Rp 25 ribu.

Perjalanan menggunakan perahu tak kalah menantang. Sebab ombak yang terkadang besar di perairan Samudra Indonesia ini cukup mendebarkan. Wisatawan akan diajak menikmati keindahan tebing terjal bukit-bukit disepanjang menuju Pantai Wedi Ireng.

"Ongkosnya murah saja. Untuk kesana pakai perahu kecil ini. Lebih menantang dan pemandangannya juga lebih bagus," pungkas Sutopo. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED