Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Apr 2016 15:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Medan Punya Vihara Terbesar se-Indonesia!

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: (Rudi Chandra/dTraveler)
Foto: (Rudi Chandra/dTraveler)
Medan - Banyak tempat menarik untuk dikunjungi di Medan. Seperti, Maha Vihara Maitreya yang disebut sebagai vihara terbesar se-Indonesia!

Dari berbagai informasi yang dirangkum detikTravel, Sabtu (16/4/2016) Maha Vihara Maitreya berlokasi di Komplek Perumahan Cemara Asri, Jalan Cemara Boulevard Utara No 8, Medan, Sumatera Utara. Total luas viharanya mencapai 4,5 hektar!

Maha Vihara Maitreya dibangun pada tahun 1991. Sesuai dengan namanya, Maitreya, Vihara ini memang sangat kental dengan ajaran Buddha Maitreya yang mengajarkan cinta kasih semesta. Hal itu bisa terlihat ketika kita melangkahkan kaki ke rumah ibadah umat Buddha ini.

(Rudi Chandra/dTraveler)


Maha Vihara Maitreya terdiri dari 3 gedung utama. Di gedung 1, ada Baktisala Umum yang merupakan tempat pemujaan Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avolokitesvara, Bodhisatva Satyakalama. Suasananya yang tenang dan asri, memberikan kesan syahdu terutama bagi mereka yang beribadah di sini.

Maha Vihara Maitreya pun memiliki kolam ikan koi di sebelah kirinya. Ada pula taman burung, tempat ratusan burung singgah di peppohonan yang tinggi. Interiornya pun sederhana, seolah menyimbangkan dengan keselarasan alam. Benar-benar gambaran cinta kasih semesta.

Dian Ekawati (ACI)


Di gedung 1, terdapat Baktisala Umum yang merupakan tempat pemujaan Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avolokitesvara, Bodhisatva Satyakalama. Daya tampung ruangan ini cukup besar, yaitu 1.500 orang.

Taman Avolokitesvara yang berada di kanan gedungnya memiliki sarana permainan anak, cocok untuk traveler yang datang bersama keluarga. Auditorium dengan kapasitas 130 orang juga ada di sini. Tidak sampai di situ, restoran vegetarian dan toko souvenir juga berada di gedungnya.

Lanjut ke gedung 2, ada area Baktisala Maitreya dengan daya tampung 2.500 orang dan terdapat juga Baktisala Patriat Suci. Lantai ini juga dilengkapi dengan aula serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk ruang makan khusus resepsi.

(Rudi Chandra/dTraveler)


Kemudian ke gedung tiga, ada balai pertemuan dengan daya tampung 2.000 orang. Kesamaan tiap gedung di vihara ini adalah memiliki wisma. Khusus gedung 1, wismanya dilengkapi dengan ruang perkantoran, ruang rapat, studio rekaman, dan dapur umum. Di bagian luar, Anda bisa melihat genta kebahagiaan setinggi 3,3 meter dan berat 7 ton yang diukir dengan kalimat Dharma Hati Maitreya.

Asyiknya lagi, Maha Vihara Maitreya terbuka untuk umum dan biayanya gratis. Traveler mancanegara pun tak sedikit yang datang ke sini, untuk merasakan pengalaman berkunjung ke salah satu vihara terbesar se-Indonesia. Silakan berfoto, tapi ingat untuk menjaga ketenangan dan tidak menganggu umat Buddha yang sedang ibadah ya!

Jika ingin melihat Kota Medan dan Maha Vihara Maitreya dari udara, traveler dapat langsung ke sana atau melihatnya dari video perjalanan drone Elang Nusantara secara live dari layar monitor. Melalui program Ekspedisi Langit Nusantara, Telkomsel akan mengungkapkan pesona Indonesia melalui video yang diambil dari dua drone berjenis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia selama sebulan penuh.

Untuk hari ini, Sabtu (16/4), drone yang diterbangkan dari bagian barat Indonesia berkeliling Medan. Cukup dengan mengakses situs traveler Elang Nusa dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun rekaman. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED