Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Apr 2016 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Doom, Jejak Pemerintahan Pertama Belanda di Papua

Faela Shafa
detikTravel
(Ropesta/detikTravel)
(Ropesta/detikTravel)
Sorong - Bukan sekadar pulau, Pulau Doom di Papua Barat memiliki peninggalan Belanda. Dahulu, pulau ini pernah dijadikan pusat pemerintahan Belanda pertama di Papua.

Saat memasuki Papua, para penjajah dari Belanda mendirikan pusat pemerintahan dan kantor-kantor. Tempat yang jadi pilihannya adalah Pulau Doom.

Untuk memaksimalkan pusat pemerintahan, dibangun juga infrastruktur pendukung seperti aliran listrik. Tak heran jika pulau yang memiliki nama lain Pulau Mutiara ini dianggap sebagai salah satu kota tua di Sorong.

Keunikan pulau ini adalah nuansa tata kota ala Belanda. Sungguh berbeda dengan kota-kota lain di Sorong. Sayangnya, banyak yang sudah tak terurus bahkan jadi tak berbentuk.


(Kurnia/detikTravel)

Bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda masih terlihat jelas lewat sejumlah bangunan tua. Di sana terdapat Gedung Kesenangan tempat serdadu Belanda melepas lelah dengan berenang, main tennis, dan dansa.

Namun banyak juga gedung yang sudah direnovasi. Meski begitu, ada juga yang masih menonjolkan bentuk aslinya. Beberapa gedung digunakan sebagai rumah warga. Selain rumah, ada pula gedung bekas penjara yang kini dipakai sebagai sekolah, SMA 4 Doom.

Gerbangnya berbentuk ala gerbang penjara dan dicat biru. Di dalamnya, terdapat bagian gedung yang masih asli dan ada yang direnovasi. Bagian yang direnovasi dipakai untuk kelas, di mana para murid belajar di sana.


(Kurnia/detikTravel)

Saat malam hari, Pulau Doom terlihat terang karena lampu-lampu di rumah penduduk semuanya menyala. Dilihat dari Kota Sorong, kerlip lampu itu sangat cantik, terlihat seperti taburan bintang di langit. Itu sebabnya, pulau ini sohor dengan gelarnya, Pulau Bintang.

Masih ada banyak lagi hal menarik yang bisa dilihat di Pulau Doom. Pulau ini memang tidak terlalu besar, jadi traveler bisa keliling jalan kaki atau naik becak.


(Kurnia/detikTravel)

Melalui program Ekspedisi Langit Nusantara, Telkomsel akan mengungkapkan pesona Indonesia melalui video yang diambil dari dua drone berjenis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia selama sebulan penuh.

Untuk hari ini, Selasa (19/4), drone Elang Timur yang diterbangkan dari bagian timur Indonesia, rencananya akan menjelajah Kota Sorong. Cukup dengan mengakses situs Elang Nusa kita dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun rekaman.

(shf/shf)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED